Kompas TV nasional berita kompas tv

Corona atau Tidak, Ini 3 Alasan Mengapa Minum Jamu

Kompas.tv - 15 Maret 2020, 10:00 WIB
corona-atau-tidak-ini-3-alasan-mengapa-minum-jamu
Ilustrasi jamu. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Christandi Dimas

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ramai kabar virus corona, ramai pula terkaitkan dengan jamu.

Jamu yang merupakan salah satu obat tradisional Tanah Air sempat dikabarkan bisa mencegah dan menangkal virus Covid-19 yang tengah mewabah di dunia, termasuk di Indonesia.

Benar atau tidaknya kabar bisa mencegah corona tersebut, yang bisa dipastikan adalah bahwa jamu, obat tradisional yang notabennya terbuat dari bahan-bahan alami seperti bagian-bagian dari tumbuhan (rimpang atau akar-akaran, daun-daunan, kulit batang, buah, dsb) dan rempah-rempah (kunyit, jahe, kencur, dsb), mempunyai khasiat kesehatan bagi mereka yang mengonsumsinya.

Jamu dapat dikatakan menjadi andalan bagi sebagian besar orang Indonesia untuk menangkal segala jenis penyakit.

Jamu juga sering ditemukan di sudut-sudut daerah ataupun perkotaan di Indonesia, mulai dari jamu gendong, toko obat, toko jamu, hingga di jaman kekinian, toko online.

Menurut Alia Husein, owner Jamu Marimar (@jamumarimar), salah satu toko jamu online kekinian di Jakarta, ada 3 alasan mengapa kita harus minum jamu:

  • Menjaga imunitas tubuh

Jamu dipercaya memiliki khasiat-khasiat yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan melindungi diri dari penyakit sehingga bisa digunakan sebagai penjaga imunitas tubuh, bahkan alternatif pengobatan.

Jamu sesuai racikan jenis masing-masing ada yang bisa meredakan nyeri-nyeri di badan, menjadi obat hipertensi, obat asam urat, hingga penambah nafsu makan.

  • Kesehatan dan kecantikan

Siapa sih yang gak mau sehat? Siapa sih yang gak mau cantik?

Bisa dikatakan, kasarnya, percuma bayar mahal ke salon kecantikan, hanya dipoles luarnya saja, tapi di dalam tubuh isinya racun semua.

Bagian dalam badan juga perlu dijaga, bisa dengan cara minum jamu.

Jamu dengan segala khasiat yang dimilikinya bisa menjadi cara ampuh untuk merawat kesehatan tubuh dan bahkan mempercantik diri.

  • Melestarikan budaya Indonesia

Untuk yang satu ini sudah pasti, melestarikan warisan kebudayaan orang Indonesia.

Sadar atau tidak, bila kamu mengonsumsi jamu, berarti bisa dibilang kamu tahu dan percaya akan budaya tanah kelahiranmu.

Agak disayangkan mungkin kaum milenial jarang banget atau hampir gak pernah dan kenal apa itu minum jamu. Padahal, banyak manfaat bila minum jamu.

Kampanye sekaligus pelestarian minum jamu perlu dilakukan atas nama kesehatan dan budaya.

Baca Juga: Pasien Corona Bisa Sembuh Sendiri?

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x