Kompas TV video cerita indonesia

BIN : Perkiraan Puncak Penyebaran Covid-19 di Indonesia

Kompas.tv - 14 Maret 2020, 11:04 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPASTV - Deputi lima Badan Intelijen Negara Afini Boer menyatakan puncak penyebaran Covid-19 di Indonesia yakni 60 hingga 80 hari atau jatuh pada bulan Mei sejak diumumkanya pasien positif corona pada 2 maret lalu.

Hal ini dipicu juga dari contoh pemodelan China bahwa puncak penyebaran covid-19 diperkirakan 60 hari ini tergolong cepat menurun.

Selain itu jika mengacu pada pemodelan inggris diperkirakan memuncak pada 130 hari.

Menurut Afini Boer  tantangan yang di hadapi oleh Indonesia yang perlu di hindari yakni satu orang bisa menyebar ke ribuan orang atau disebut super spreader.

Penyebaran super spreader ini bisa terjadi di beberapa transportasi publik melihat 500 ribu pengguna transportasi di indonesia cukup banyak dari wilayah Bogor dan Depok.

Upaya yang bisa dilakukan oleh pemerintah yakni membatasi suatu wilayah atau biasa disebut containment  namun  bagi Badan Intelijen Negara atau BIN, upaya pemerintah sudah sangat baik dari segi komunikasi dan penanganan juga pencegahan.

Mengenai hal ini, Afini juga himbau masyarakat untuk tidak perlu khawatir.

“Menurut para pakar, sekitar 10% warga akan terjangkit virus corona jika berhasil ditangani dengan baik. Namun akan menyentuh 40-60% bila tidak tertangani dengan baik.” Ujar Afini Boer




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x