Kompas TV nasional berita kompas tv

Pasien Positif Corona dari Bagian Imported Case Bertambah Lima, Total 12 Orang

Kompas.tv - 10 Maret 2020, 22:16 WIB
pasien-positif-corona-dari-bagian-imported-case-bertambah-lima-total-12-orang
Ilustrasi Virus Corona (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Jumlah pasien positif virus corona yang masuk dalam klaster imported case atau terpapar virus corona dari luar negeri bertambah menjadi 12 orang. 

Sebelumnya hanya ada tujuh orang yang tertular setelah melakukan perjalanan dari luar negeri. 

Teranyar, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Achmad Yurianto mengumumkan delapan pasien positif corona. Lima diantaranya merupakan bagian dari imported case.

Baca Juga: Pasien Kasus Positif Virus Corona di Indonesia Bertambah 8 Orang, Dua Diantaranya WNA

Yurianto menjelaskan beberapa faktor bertambahkan jumlah pasien corona yang terpapar dari luar negeri. Seperti saat melewati pemeriksaan suhu badan, pasien tidak menunjukkan gejala demam. 

Selanjutnya pasien lolos dari pemeriksaan suhu walaupun sudah terjangkit. Hal ini dikarenakan virus masih dalam proses inkubasi sehingga gejala demam atau influenza tidak terdeteksi. Faktor lainnya, pasien meminum obat untuk gejala keluhan, seperti flu. 

Menurut Yurianto ketika pasien meminum obat untuk meredakan gejala flu, maka kandungan dalam obat flu tersebut lah yang menurunkan suhu panas pasien. 

Meski tidak terdeteksi alat pemeriksa suhu tubuh, namun WNI atau WNA yang baru pulang dari negara episentrum

Baca Juga: BREAKING NEWS - Jumlah Pasien Positif Corona di Indonesia Bertambah jadi 27 Orang

virus corona harus mengisi riwayat perjalanan dan data lainnya sebagai pegangan Kementerian Kesehatan.

"Sehingga tak terdeteksi. Tetapi kan tetap kita gunakan health alert card dan ini yang menjadi sangat berfungsi, karena dia menyadari betul dari daerah yang berisiko dan dia datang ke Tanah Air dan merasakan sakit, maka dia membawa kartunya ini datang ke RS dan kami lakukan tracing," ujar Yuri saat jumpa pers di Istana Kepresidenan, Selasa (10/3/2020).

Dalam jumpa pers lima pasien corona yang masuk bagian imported case yakni pasien kasus 22, WNI, perempuan (36) bagian dari imported case. Pasien kasus 23, WNI, perempuan (73) bagian dari imported case, pasien kasus 24, laki-laki (46) WNI dari imported case.

Kemudian pasien kasus 25, WNA, perempuan (53) bagian dari importid case dan kondisi pasien stabil dan pasien kasus 26, WNA, laki-laki (46) bagian dari importid case dengan kondisi pasien stabil.

Baca Juga: Berita Baik Terkait Corona, 2 Pasien Dinyatakan Negatif Namun Masih Diisolasi

Sementara tujuh pasien corona sebelumnya yang masuk bagian imported case yakni pasien kasus 06, Laki-laki (36) positif corona seusai pulang dari Jepang. Pasien ini pernah bekerja sebagai ABK di kapal Diamond Princess dan sekarang dirawat di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur.

Pasien kasus 07, perempuan (59) bagian imported case karena baru kembali dari luar negeri dan beberapa saat menunjukkan gejala virus corona. 

Pasien kasus 09, perempuan (55). Pasien kasus 14, laki-laki (50) dengan gambaran sakit ringan-sedang. Pasien kasus 15, perempuan (43). 

Baca Juga: Geger Virus Corona, Pernikahan dengan Hand Sanitizer Viral di Medsos

Selanjutnya, pasien kasus 17, laki-laki (56), pasien kasus 18, laki-laki (50) dan pasien kasus 19, laki-laki (40).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x