Kompas TV nasional berita kompas tv

Hasil Laboratorium Dua Pasien Sudah Negatif Virus Corona, tapi Belum Dinyatakan Sembuh

Kompas.tv - 10 Maret 2020, 17:30 WIB
hasil-laboratorium-dua-pasien-sudah-negatif-virus-corona-tapi-belum-dinyatakan-sembuh
Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, dr. Achmad Yurianto (Sumber: KompasTV)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan, dua pasien yang terinfeksi Covid-19 atau virus corona sementara ini sudah dinyatakan negatif dari virus tersebut.

Meski demikian, Yurianto menyebut bahwa diagnosis keduanya yang merupakan pasien kasus 06 dan pasien kasus 14 ini merupakan hasil laboratorium pertama.

Baca Juga: Dua Pasien Virus Corona Kini Dinyatakan Negatif, Kondisinya Bagus

Tim medis harus memeriksa berulang kali agar mendapatkan kepastian apakah kedua pasien itu sudah sembuh dari Covid-19 atau belum.

"Artinya pemeriksaan (untuk memastikan) hasil negatif yang kedua. Kita akan tunggu dua hari mendatang," jelas Yurianto, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Selasa (10/3).

Yurianto mengatakan bahwa pasien kasus 06 merupakan WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) Diamond Princess.  

Penularan terhadap pasien kasus 06 ini disebut sebagai imported case karena diduga terjadi saat dirinya berada di luar negeri.

Baca Juga: Ramai Virus Corona, Produksi Permen Jahe Naik Drastis Hingga 100 Persen!

Tunggu Tes Laboratorium Kedua

Yurianto menjelaskan bahwa pasien kasus 06 telah menjalani pemeriksaan laboratorium tingkat pertama.

Hasilnya, pasien yang telah lima hari dirawat itu dinyatakan negatif Covid-19. Untuk bisa pulang ke rumah, pasien tersebut harus menjalani tes laboratorium yang kedua.

"Kita masih menunggu pemeriksaan negatif yang kedua itu di dua hari mendatang. Jadi setelah hasil negatif pertama maka kita akan tunggu dua hari kemudian. Kalau sudah hasilnya negatif juga maka kita akan keluarkan (pasien 06) dari rumah sakit," ucap Yuri.

Baca Juga: Ada Corona, Tapi Raja dan Ratu Belanda Tetap Datang. Indonesia Aman?




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x