Kompas TV internasional kompas dunia

Pasien Sembuh Semua, Bagaimana Cara Vietnam Hadapi Virus Corona?

Kompas.tv - 6 Maret 2020, 18:20 WIB
pasien-sembuh-semua-bagaimana-cara-vietnam-hadapi-virus-corona
Wakil Menteri Kesehatan Vietnam, Nguyen Truong Son, mengenakan pakaian pelindung sebelum memasuki area isolasi dan mengunjungi dua pasien yang positif terinfeksi virus corona di Rumah Sakit Cho Ray, Ho Chi MInh City (23/1/2020) (Sumber: AFP/BACH DUONG)
Penulis : Sadryna Evanalia

KOMPAS.TV - Virus Corona menyebar di berbagai negara termasuk di Vietnam. Sementara itu, Vietnam menjadi salah satu negara yang berhasil menyembuhkan semua pasien yang terinfeksi Virus Corona. Dari data 6 Maret 2020, dari 16 kasus positif virus Corona yang dilaporkan, semua kasus ini sembuh 100 persen.

Lalu, bagaimana langkah vietnam bisa menghadapi virus Corona?

Dihimpun dari berbagai sumber, diketahui pemerintah Vietnam langsung mengumumkan darurat kesehatan pada 1 Februari 2020. Darurat kesehatan ini langsung diumumkan sejak mewabahnya virus Corona di seluruh dunia.

Pemerintah Vietnam langsung menghentikan penerbangan menuju dan dari China. Semua izin yang diberikan untuk penerbangan antara Vietnam dan China termasuk Taiwan, Hong Kong dan Makau.

Selain itu, pemerintah Vietnam juga mengumumkan penghentian sementara Visa untuk warga negara Korea Selatan mulai 29 Februari 2020.

Langkah selanjutnya adalah pemerintah vietnam mengisolasi sejumlah desa yang ditinggali 10 ribu orang terkait virus Corona. Salah satunya penutupan wilayah Komune Son Loi selama 20 hari.

Kemenkes dan Kemenkeu Vietnam bersinergi agar pasokan medis berupa masker, pembersih tangan, pakaian pencegah epidemi dibebaskan pajak hingga epidemi berakhir.

Kementerian Tenaga Kerja Vietnam juga menghentikan mengeluarkan izin kerja baru untuk warga negara asing dari negara-negara terdampak Covid-19.

Vietnam pun memperpanjang waktu istirahat sekolah demi kesehatan siswa dan meminta pihak sekolah melakukan disinfeksi ruang kelas.

Langkah lainnya adalah melarang perdagangan satwa liar. Serta merawat pasien Covid-19 dengan mengobati gejala demam, meminta pasien menjalani diet ketat dan bergizi serta memonitor tingkat saturasi oksigen dalam darah pasien.

Wabah Virus Corona masih bergejolak di dunia, maka dari itu pemerintah Vietnam tetap waspada.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x