Kompas TV video cerita indonesia

Kemenkes: 4 Orang di Kelompok Dansa Suspect Kuat Positif Corona

Kompas.tv - 6 Maret 2020, 14:54 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mencurigai ada empat orang lainnya suspect kuat positif Covid-19. Keempat orang tersebut diketahui berada dalam kelompok dansa yang sama dengan kasus 1.

"Namun yang betul- betul kontak dekat sudah kami lakukan pemeriksaan dan saat ini sedang kita observasi di RS. Untuk empat orang yang kita duga kuat ini suspect positif," kata Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes yang juga juru bicara pemerintah dalam penanganan virus Corona, Achmad Yurianto, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020).

Selain itu, keempat orang tersebut juga melakukan kontak dekat saat acara dansa. Hal ini diketahui setelah Kemenkes melacak orang-orang yang berada di perkumpulan dansa.

"Karena kita yakini kontak dekat, diyakini kontak dekat maka kita masukkan di dalam suspect apalagi dari 4 orang ini ada tanda-tanda influenza sedang dan kemudian kita tracing influenza-nya itu setelah dengan kasus 1 dan kasus 2," ujar dia.

Namun kepastian status dari keempat pasien belum bisa dikonfirmasi karena Kemenkes masih menunggu hasil laboratorium yang akan keluar sore ini.

"Untuk hasil lab, nanti sore juga sudah datang. Karena sudah kita ambil spesimennya, bersamaan dengan pemeriksaan hasil lab di hari kelima untuk kasus satu dan kasus dua. Yang diharapkan sore ini juga selesai sehingga ada pertemuan kita sore nanti mudah mudahan data sudah kita dapatkan semuanya," ujar dia.

Sementara itu, Achmad juga menyatakan, kondisi pasien Kasus 1 dan Kasus 2 yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 semakin membaik dan dalam kondisi stabil.

Baca Juga: Update Perkembangan Kondisi Pasien di RSPI Sulianti Saroso




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x