Kompas TV regional berita daerah

Seni Menghias Tanaman Terrarium dan Kokedama Khas Jepang

Kompas.tv - 6 Maret 2020, 13:02 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG, KOMPAS.TV - Berawal dari kecintaan dalam menghias tanaman, seorang Ibu Rumah Tangga di Kota Bandung, membuat inovasi tanaman hias yang diberi nama Terrarium dan Kokedama. Inovasi tersebut kini dijadikan peluang bisnis untuk kesehariannya. 

Bertempat di Jalan Punclut Kota Bandung, seorang Ibu Rumah Tangga yang mulanya hanya ingin menghias tanaman di pekarangan rumahnya saja, muncullah ide untuk berinovasi menghias tanaman yang diberi nama Terrarium dan Kokedama. Sejak tahun 2017, ia selalu mengikuti workshop dan belajar untuk berinovasi tanaman hias terrarium dan kokedama, yang berasal dari negara jepang. Kini ia mendirikan workshop yang diberi nama Hijau Daun.

Salah satu hasil inovasi tanaman hias yang bernama Terrarium merupakan jenis tanaman kecil, yang menggunakan media berbentuk gelas dom, lalu dihias dengan berbagai tanaman, seperti pasir laut, vitamin, bebatuan, lumut, bunga, serta miniatur binatang. 

Berbeda dengan tanaman kokedama, tanaman terrarium membutuhkan tanah yang gembur, lumut kering, serabut kelapa, serta tali rami.

Untuk perawatan tanaman hias terrarium dan kokedama sangat mudah, tinggal disemprot air menggunakan sprei, lalu didiamkan. 

Kedua inovasi tanaman tersebut dijual kisaran harga mulai dari 70 ribu hingga 150 ribu rupiah, tergantung jenis tanamanya.

#TANAMAN #HIAS #TERRARIUM #KOKEDAMA #JEPANG



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x