Kompas TV regional berita daerah

Kronologi Anggota TNI Tewas Diinjak Gajah Mengamuk di Sumsel

Kompas.tv - 5 Maret 2020, 17:36 WIB
kronologi-anggota-tni-tewas-diinjak-gajah-mengamuk-di-sumsel
Ilustrasi gajah pygmy atau gajah kerdil Borneo. (Sumber: SHUTTERSTOCK via Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

SUMSEL, KOMPAS TV - Serka Anumerta Iskandar yang tewas diinjak gajah di Desa Banyu Biru, Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan pada Rabu (4/3/2020) mendapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) dari Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD).

Panglima Kodam II Sriwijaya, Mayjen Irwan, mengatakan Iskandar yang sebelumnya berpangkat Sersan Satu (Sertu), naik menjadi Sersan Kepala (Serka) usai tewas dalam bertugas menghalau gajah mengamuk di Desa Banyu Biru.

Irwan mengatakan, Serka Anumerta Iskandar sebelumnya mencoba menghalau seekor gajah yang mengamuk dan menyerang seorang warga bernama Khairul hingga mengalami patah tulang rusuk.

Baca Juga: Gelar Mediasi, TNI dan Polri di Medan Sudah Resmi Berbaikan?

Namun, saat mencoba mengusir gajah tersebut, Serka Anumerta Iskandar sembari mengambil foto dengan menggunakan handphone untuk laporan, sehingga membuat hewan itu marah.

"Dia masuk ke tempat lokasi gajah, untuk mengusir sambil mengambil dokumentasi. Gajahnya marah langsung di dorong dari samping. Saat dikejar (gajah) dia terjatuh dan terinjak," kata Irwan, usai mengunjungi lokasi kejadian, Kamis (3/5/2020).

Serka Anumerta Iskandar tewas di lokasi kejadian karena mengalami luka parah. Kondisi itu langsung dilaporkan ke Kodam II Sriwijaya.

Mayjen Irwan yang mendapatkan laporan, langsung meneruskan ke KSAD. Karena dalam bertugas Iskandar pun mendapatkan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) dari Mabes TNI.

Selain mendapatkan KPLB, Serka Anumerta Iskandar juga rencananya dikebumikan di makam pahlawan, atas jasanya tersebut.

"Kemarin pangkatnya langsung naik satu tingkat menjadi Serka. Kita ajukan di makamkan di taman makam pahlawan, tapi kita tunggu persutujuan keluarga, apakah mau atau tidak. Yang bersangkutan tetap pahlawan," ujarnya.

Baca Juga: KKB Kembali Serang Pos TNI di Papua, Prajurit Diminta Bersiaga

Diberitakan sebelumnya, Babinsa Anggota Kodim 0402/OKI, Sertu Iskandar tewas diinjak seekor gajah liar yang mengamuk saat memasuki perkebunan warga di Dusun Belanti, Desa Banyubiru, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Rabu (4/3/2020).

Dandim 0402/OKI Letkol Czi Zamroni mengatakan, mereka mulanya mendapatkan laporan dari warga sekitar pukul 08.00WIB lantaran adanya kawanan gajah yang masuk ke pemukiman warga yang tak jauh dari perkebunan.

Dari laporan tersebut dua anggota Babinsa yakni Serma Sugiarto dan Sertu Iskandar langsung datang ke lokasi untuk membantu warga. Sebab, saat itu ada dua warga yang sudah terluka dikepala akibat berkonflik dengan gajah.

"Ketika anggota kita membantu warga, tiba-tiba satu ekor gajah datang dan mengejar. Sertu Iskandar waktu itu terjatuh terinjak dan tewas," kata Zamroni



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x