Kompas TV travel jelajah indonesia

Menakjubkan! Terumbu Karang dan Hangatnya Warga di Pulau Badi

Kamis, 5 Maret 2020 | 17:33 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.TV -

Menjelajah Bumi angin mamiri belum lengkap bila belum menggapai kepulauan yang ada di sepanjang laut wilayah Sulawesi Selatan. Selain sajian panorama alam dan budaya di pulau besar Sulawesi Selatan, dari Makassar hingga Wajo, kepulauan yang ada di sepanjang laut yang masih masuk dalam wilayah Sulawesi Selatan seakan jadi syarat yang harus dipenuhi untuk menuntaskan gairah penjelajahan. Hal ini pula yang membuat Dayu ingin menjamah laut dan daerah kepulauan yang letaknya tidak jauh dari Makassar.

Keindahan laut di Sulawesi Selatan. Sepanjang pantai di Sulsel terdapat 120 pulau, dan 12 di antaranya masuk administrasi Makassar. Salah satu kepulauan yang dikenal indah panorama pantai dan bawah lautnya adalah kepulauan Spermonde. Melakukan perjalanan bersama rekan atau community traveling maupun solo traveling ke Pulau Badi yang merupakan bagian dari Kepulauan Spermonde di Kabupaten Pangkajekne Kepulauan akan sama menyenangkannya.

Badi sendiri statusnya berpenghuni dan bisa ditempuh sekitar 45 menit hingga sejam dari Makassar. Badi memang selalu mempesona. Pemandangan pasir putihnya luar biasa dan spot diving-nya juga bagus, jadi jangan lupa membawa alat-alat snorkeling.

Jadilah Dayu bersama Marine Sustainability Mars Symbioscience menuju pulau Badi untuk melakukan rehabilitasi terumbu karang di laut Pulau Badi. Mars Symbioscience sejak tahun 2007 telah mulai kegiatan pelestarian laut di kepulauan Spermonde berikut pendampingan pada masyarakat di Pulau Badi.

Dayu bersama beberapa warga dan staf Mars Symbioscience mengambil media berbahan besi anti karat, untuk mengikat terumbu karang. Selanjutnya media yang telah diikat terumbu karang di bawa ke lokasi atau titik di mana terumbu karangnya rusak. Ya, beberapa tahun lalu, kondisi bawah laut di sekitar Pulau Badi mengalami kerusakan yang cukup parah karena pengambilan ikan secara masif dan pengambilan terumbu karang besar-besaran.

Kawasan perlindungan laut di Kepulauan Spermonde sendiri mencakup 7 ribu meter persegi, dengan 3 ribu meter persegi di antaranya telah direhabilitasi. Kegiatan ini bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertujuan mengembalikan habitat ikan dengan tentu saja terumbu karang sebagai ekosistemnya dan meningkatkan kesejahteraan warga dengan pengembangan dan pelatihan usaha kelompok yang dibentuk.

Yuk, tonton video penjelajahan Dayu di Pulau Badi.

Editor : Herwanto



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:57
SEBANYAK 11 PRAJURIT TNI KODIM 1603 SIKKA, NTT, TERKONFIRMASI POSITIF KORONA SETELAH PULANG PENDIDIKAN DARI BALI   BAPPENDA NTB: DALAM SEPEKAN, TERKUMPUL RP 42,16 JUTA DARI DENDA WARGA DAN ASN YANG TAK MENGGUNAKAN MASKER   PEMKAB SLEMAN, YOGYAKARTA, SIAPKAN RUSUNAWA GEMAWANG UNTUK ISOLASI PASIEN KORONA ASIMTOMATIK    SRI SULTAN HB X MINTA KABUPATEN/KOTA DI DIY TERAPKAN SANKSI SECARA KONSISTEN BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   BUPATI BERAU, KALTIM, H MUHARRAM, MENINGGAL DUNIA SETELAH 13 HARI DIRAWAT KARENA POSITIF KORONA   DINKES SEBUT KASUS COVID-19 DI KARAWANG, JAWA BARAT, DIDOMINASI OLEH KLASTER INDUSTRI   WALI KOTA TANGERANG ARIEF WISMANSYAH: TEMPAT TIDUR RS RUJUKAN KORONA DI KOTA TANGERANG SUDAH TERISI LEBIH DARI 73%   PEMPROV BANTEN BERENCANA SIAPKAN 5 HEKTAR LAHAN MAKAM KHUSUS BAGI PASIEN KORONA YANG MENINGGAL   POLRI: 8 HARI OPERASI YUSTISI, DENDA YANG TERKUMPUL DARI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN MENCAPAI RP 924,17 JUTA   SATGAS COVID-19 MINTA SETIAP PERUSAHAAN RUTIN TES USAP KE KARYAWAN GUNA TEKAN ANGKA PENULARAN KLASTER PERKANTORAN   PP MUHAMMADIYAH MINTA ELITE PARPOL TAK MANFAATKAN PANDEMI KORONA SEBAGAI KOMODITAS POLITIK KEKUASAAN   BAWASLU: 50 KABUPATEN/KOTA PENYELENGGARA PILKADA MASUK KATEGORI RAWAN TINGGI DALAM ASPEK PANDEMI KORONA    BAWASLU MINTA SEMUA PIHAK BERKOMITMEN MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN PADA SETIAP TAHAPAN PILKADA 2020   BAWASLU MINTA PIMPINAN PARPOL IKUT CEGAH KERUMUNAN MASSA PADA RANGKAIAN PILKADA 2020