Kompas TV nasional berita kompas tv

WNI Kru Kapal Diamond Princess Dinyatakan Sembuh Corona Bertambah 2

Kompas.tv - 4 Maret 2020, 19:29 WIB
wni-kru-kapal-diamond-princess-dinyatakan-sembuh-corona-bertambah-2
Pemulangan 69 WNI ABK Diamond Princess TIba di Bandara Kertajati, Minggu 01/03/2020 (Sumber: KompasTV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – WNI kapal Diamond Princess yang dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona bertambah. Setelah empat WNI dinyatakan membaik, kini ada dua lagi yang juga dinyatakan pulih dari infeksi virus corona. 

Dirjen Pencegahan dan Pengendalia Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono menjelaskan dua WNI sembuh tersebut akan dipulangkan ke Indonesia. 

Namun sebelum kembali ke keluarga dan masyarakat keduanya harus menjalani proses karantina. Hal ini untuk memastikan keduanya benar-benar aman dari infeksi virus. R

Baca Juga: Jelang Rampung Tes PCR, WNI ABK Diamond Princess Bersiap Pindah ke Sebaru Kecil

Rencananya kedua WNI tersebut akan diobservasi di Badan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

"Mereka akan pulang dengan pesawat komersial, tapi akan kami lakukan karantina di Badan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Cikarang," kata Anung melalui keterangan tertulis Kantor Staf Presiden, Rabu (4/3/2020). Seperti diberitakan Kompas.com.

Di kesempatan berbeda, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto otoritas kesehtan Jepang telah menjamin bahwa dua WNI kru kapal Diamond Princess sembuh dari infeksi virus corona dan diizinkan untuk pulang.  

Pihak perusahaan tempat keduanya bekerja membiayai tiket pesawat ke Indonesia. Namun untuk memastikan benar-benar aman dari penyakit yang disebabkan virus corona, dua WNI tersebut akan menjalani observasi.

Baca Juga: 4 WNI Terjangkit Corona di Jepang Sembuh!

"Ya iyalah. Tetap diobservasi," ujar Yuri saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Sebelumnya ada empat WNI di Jepang yang terjangkit virus corona dinyatakan sembuh. Kabar tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat bertemu para pemimpin redaksi nasional di Jakarta.

Total ada sembilan WNI dinyatakan terjangkit virus corona yang menjalani perawatan di rumah sakit di Jepang.

Sisanya sebanyak 69 WNI kru kapal pesiar Diamond Princess yang negatif virus corona telah dijemput pemerintah dari Yokihama, Jepang. Mereka kini menjalani proses observasi di Pulau Sebaru di Kepulauan seribu. Adapun jumlah WNI kru kapal Diamond Princess sebanyak 78 orang.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x