Kompas TV TALKSHOW satu meja

Perang Lawan Corona, Apa strategi Pemerintah? Malam ini, Tuntas di Satu Meja The Forum.

Kompas.tv - 4 Maret 2020, 15:36 WIB
perang-lawan-corona-apa-strategi-pemerintah-malam-ini-tuntas-di-satu-meja-the-forum
Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat konferensi pers di Istana Jakarta, Senin (2/3/2020). (Sumber: kompas.com)
Penulis : Alexander Wibisono

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panic Buying! Pengumuman tentang dua warga negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus corona memicu panic buying atau belanja secara tak wajar.

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyebut aksi panic buying terjadi di enam kota. 

Baca Juga: Menteri Perdagangan Menilai Tak Perlu Panic Buying, Berbelanja Seperlunya

"Bermula dari Jakarta menuju ke beberapa kota seperti Surabaya, laporan Aprindo Aceh sampai Jayapura lebih kurang 5-6 kota terjadi hal ini," jelas Ketua Umum Aprindo Roy Mandey saat konferensi pers, Selasa 3 Maret 2020.

Roy menuturkan, barang seperti masker, hand sanitizer atau cairan pembersih tangan, serta bahan pokok kebutuhan sehari-hari laku keras di pasaran.

Dari Istana Kepresidenan, Selasa (3/3), Presiden Joko Widodo meminta masyarakat tak perlu panik belanja karena pemerintah menjamin ketersediaan barang-barang.

Baca Juga: Harga Masker Mahal Banget, Jokowi Minta Kapolri Tangkap Penimbun dan Penjualnya

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, hari ini (4/3/2020), memastikan stok beras di gudang milik Perum BULOG aman untuk menyuplai kebutuhan pangan seluruh masyarakat Indonesia.

”Kita saksikan sendiri BULOG mampu menyediakan beras untuk seluruh masyarakat Indonesia. Dengan stok beras yang tersimpan di unit-unit Gudang BULOG seluruh Indonesia,” jelas Erick

Hingga saat ini stok beras BULOG mencapai 1,6 juta ton yang tersimpan di 1.647 unit gudang-gudang BULOG yang tersebar di seluruh Indonesia. Ketersediaan stok beras akan bertambah karena musim panen raya akan tiba. 

Baca Juga: Erick Thohir: Panic Buying Wajar

Menghadapi penyebaran virus corona, masyarakat sebenarnya tak perlu takut apalagi panik. Kepanikan yang memicu tindakan irasional justru akan membuat keadaan lebih buruk.

Situasi yang terjadi di Indonesia jauh berbeda dari apa yang terjadi di China. Tindakan pencegahan yang dilakukan pemerintah Cina seperti mengisolasi seluruh kota, tak perlu dikhawatirkan secara berlebihan akan terjadi di Indonesia.

Lantas, bagaimana langkah pemerintah memerangi virus corona? Apa yang perlu dilakukan oleh masyarakat?

Saksikan talkshow Satu Meja The Forum “Perang Melawan Korona”, Rabu 4 Maret 2020 pukul 20.00 WIB LIVE di Kompas TV bersama jurnalis senior Harian Kompas, Budiman Tanuredjo.

Baca Juga: Ini Langkah-langkah Pemerintah Daerah Antisipasi Virus Corona



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


VOD

Menyoroti Pro-Kontra RUU Penyiaran

16 Juni 2024, 07:06 WIB

Close Ads x