Kompas TV nasional berita kompas tv

Di Empat Negara Ini Penyebaran Virus Corona Gelombang Kedua Melonjak

Kompas.tv - 3 Maret 2020, 23:37 WIB
di-empat-negara-ini-penyebaran-virus-corona-gelombang-kedua-melonjak
Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, dr. Achmad Yurianto (Sumber: KompasTV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV -  Kasus penyebaran virus corona gelombang kedua meningkat dari daerah endemi virus, Wuhan, China. 

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto mencatat ada empat negara yang mengalami lonjakan pasien virus corona.

Keempat negara tersebut yakni Korea Selatan, Jepang, Iran dan Italia. Keempatnya menjadi negara terdampak virus corona gelombang kedua setelah China mengumumkan virus baru dari jenis coronavirus.

Baca Juga: 11 Orang Meninggal Per Jam, TBC Lebih "Membunuh" dari Corona di Indonesia

Menurut Achmad peningkatan pasien mencapai 81 persen. Sebaliknya di China, angka pasien virus corona mengalami penurunan. Hal ini dapat dilihat dari ditutupnya pusat penanganan kesehatan pasien virus corona di China.

"Bahkan penambahan kasus (penularan) mencatat rekor terendah sejak Januari. Kita lihat beberapa rumah sakit dibongkar. Lalu pasien yang sembuh semakin banyak," ujar Achmad di Kantor Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Pusat, Selasa (3/3/2020).

Achmad menambahkan lonjakan pasien virus corona pada gelombang kedua juga memiliki ciri lain dari sebelumnya, yakni lebih cepat menyebar dan gejala penularan virus semakin minim terdeteksi.

Pasien terduga tertular virus corona dapat melakukan kegiatan sehari-hari sebelum dinyatakan positif terjangkit corona. 

Baca Juga: Mahfud MD Tegaskan Pemerintah Siap dan Mampu Tangani Corona

"Ini memudahkan orang (yang tertular) mudah bergerak ke mana-mana, sebab kalau dulu suhu tubuh yang tertular 37,5 derajat, sekarang tidak terlalu tinggi," ujar Achmad.
 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x