Kompas TV regional berita daerah

KPUD Medan Gencar Sosialisasi Untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pilkada Serentak

Kompas.tv - 3 Maret 2020, 17:39 WIB
Penulis : KompasTV Medan

MEDAN, KOMPASTV - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Medan terus melakukan sosialisasi dan persiapan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Dalam 3 Pilkada sebelumnya partisipasi pemilih dibawah 50 persen.

Rendahnya partisipasi pemilih dalam 3 Pilkada terdahulu, menjadi perhatian serius bagi KPUD Medan dalam menghadapi Pilkada serentak pada September 2020 mendatang.

Ketua KPUD Kota Medan Agussyah Damanik, Senin (2/3) mengatakan salah satu penyebabnya adalah kualitas calon kepala daerah yang dicalonkan oleh partai politik.

Partai politik diharapkan melakukan seleksi terhadap calon kepala daerah yang memang bisa dipercaya dan disenangi oleh masyarakat kota Medan.

KPUD Medan sendiri telah mempersiapkan diri seperti merekrut petugas penyelenggara pemilihan dan saat ini sedang melakukan pemetaan ulang lokasi TPS. Karena salah satu penyebab tingkat partisipasi pemilih rendah disebabkan lokasi tps yang tidak strategis.

Berdasarkan data angka partisipasi pemilih pilkada kota Medan pada tahun 2005 lalu hanya mencapai 48 persen. Angka tersebut turun pada Pilkada tahun 2010 menjadi 38 persen dan hanya mencapai 25 persen pada Pilkada 2015.

#Sosialisasi #Pilkada #KPUD



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x