Kompas TV nasional kompas pagi

Jalan Tol Pertama di Sulawesi Utara Segera Diresmikan

Kompas.tv - 2 Maret 2020, 09:00 WIB
Penulis : Merlion Gusti

SULAWESI, KOMPAS.TV - Tol pertama di Sulawesi Utara yaitu tol di Manado-Bitung siap diresmikan dalam waktu dekat ini.

Kepastian soal  beroperasinya jalan tol manado-bitung ini diutarakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, ketika meninjau pengerjaan Jalan Tol di Manado Provinsi Sulawesi Utara pada Minggu sore(03/01/20).

Jalan Tol Manado Bitung sepanjang 39 kilo meter ini, akan beroperasi awal dengan panjang lintasan 26 kilo meter, dan  membentang dari Kota Manado hingga Danowudu Kota Bitung, yang dekat dengan akses kawasan ekonomi khusus Bitung.

Jalan Tol Manado-Bitung dengan nilai investasi 6 triliun rupiah ini, diharapkan mampu memangkas waktu tempuh pengguna jalan dari Manado ke Bitung dan sebaliknya.

Konstruksi fisik proyek Tol Manado-Bitung jelang Juni berakhir, sudah menembus 70,38 perssen. Tol sepanjang 39 kilometer ini ditargetkan selesai pada pertengahan 2020. 

"Untuk pembebasan lahannya sebesar 86,15 persen," kata Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) George IMP Manurung dalam keterangan tertulis, Kamis (27/6/2019). 

Menurut George, pembebasan lahan menjadi kendala utama dalam penyelesaian proyek ini, seperti masalah harga hingga administrasi berupa kelengkapan dokumen atau sertifikat tanah.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x