Kompas TV nasional berita kompas tv

Dampak Penangguhan Visa, Agen Perjalanan Ini Rugi 2 Miliar

Kompas.tv - 29 Februari 2020, 14:45 WIB
dampak-penangguhan-visa-agen-perjalanan-ini-rugi-2-miliar
Jemaah Menunggu Kepastian Keberangkatan Menuju Arab Saudi, di Bandara Internasional Juanda, Kamis (27/02/2020) (Sumber: KompasTV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Agen perjalanan umrah tak menyangka penangguhan visa yang diberlakukan pemerintah Arab Saudi berdampak pada banyak hal. Seperti kerugian tiket pesawat dan kamar hotel bagi jamaah umrah domestik.

Direktur Utama PT. Nur Islami Travel Ida Nursanti menjelaskan di bulan Maret depan, ada tiga rombongan yang akan berangkat umrah. Namun jadwal keberangkatan tertunda karena kebijakan penangguhan visa yang diberlakukan pemerintah Arab Saudi. 

Menurut Ida, hal ini membuat pihaknya harus menjadwal ulang kamar hotel dan tiket pesawat bagi rombongan jamaah umrah domestik. 

Baca Juga: Arab Saudi Stop Umrah, Bagaimana Nasib Jamaah?

Di sisi lain, belum ada ketegasan mengenai kebijakan penangguhan visa dari pemerintah Arab Saudi kapan akan dicabut, membuat jadwal ulang pesawat dan kamar hotel pun tak pasti. Dampaknya tiket dan dana pembayaran awal kamar kemungkinan hangus. 

"Kami sedang berkoordinasi dengan pihak maskapai bisa di mendapat pengembalian dana atau mendapat jadwal ulang. Kami menginginkan dari maskapai tidak menghaguskan tiket, karena persoalan ini bukan semata-mata dari kita," ujar Ida saat dihubungi, Sabtu (29/2/2020).

Ida menambahkan jika diperkirakan total kerugian dari kebijakan penangguhan visa Arab Saudi mencapai Rp2 miliar.

Untuk kerugaian lain damapak lain dari kebijakan tersebut yakni kepercayaan, sebab tidak tak sedikit jemaah yang menanyakan kepastian keberagkatan.

Baca Juga: Deretan Dampak Akibat Dihentikannya Kedatangan ke Arab Saudi

"Harapan kami, agar cepat di buka untuk visa-nya, jadi biar jamaah yang sudah ada jadwal umrah bisa kita reschedule dan mereka bisa berangakat ke tanah suci sehinga bisa berjalan ibadah umrahnya," ujar Ida
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x