Kompas TV regional berita daerah

Berbaur dengan Pengunjung, Tahanan Wanita Menyelinap Kabur Saat akan Disidang

Kompas.tv - 28 Februari 2020, 18:58 WIB
berbaur-dengan-pengunjung-tahanan-wanita-menyelinap-kabur-saat-akan-disidang
Sidang gugatan 261 CPNS terhadap Menpan RB, Kepala BKN, dan Ketua DPR di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (12/2/2020). (Sumber: Kompas.com/Firda Zaimmatul Mufarikha)
Penulis : Tito Dirhantoro

BANDUNG, KOMPAS TV - Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Bandung, Guntur Wibowo, mengatakan seorang tahanan bernama Serli Herawati kabur saat akan menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat.

"Iya kabur saat akan menjalani sidang putusan," kata Guntur melalui pesan singkatnya pada Jumat (28/2/2020).

Guntur menjelaskan, semula Serli dijemput bersama 15 tahanan perempuan lainnya dari Rutan perempuan untuk menjalani sidang pada Kamis (27/2/2020) sekira pukul 08.53 WIB.

Sesampainya di PN Bandung, 16 tahanan perempuan dan dua tahanan anak diturunkan pengawal dari dalam mobil. 

Baca Juga: BNN: Pemesan Ganja 50 Kg adalah Tahanan di Lapas

Pengawal kemudian menggiring barisan tahanan itu ke gedung PN Bandung melalui pintu keluar masuk tahanan ke arah lorong ruang sidang 5 dan 6, yang saat itu kondisinya sudah banyak pengunjung.

Tapi, tanpa sepengetahuan pengawal tahanan, Serli yang ketika itu mengenakan jilbab dan berkaca mata hitam memisahkan diri dari barisan. Ia berbaur dengan pengunjung sidang. 

“Sehingga pada saat dimasukan ke dalam sel tahanan jumlah tahanan terhitung 15 tahanan perempuan dan 2 tahanan anak," ujar Guntur.

Petugas kemudian melakukan pengecekan kembali dan mendapati tahanan perempuan ternyata kurang satu. "Kekurangan 1 orang tahanan perempuan," ujar Guntur.

Mengetahui hal tersebut, petugas pengawal langsung melakukan penyisiran mencari tahanan yang kabur itu di seluruh area PN Bandung. Tak hanya itu, pengawal juga sembari melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan.

Baca Juga: 7 Tahanan Melarikan Diri dari Kantor Polisi

"Kami langsung melakukan penyisiran untuk mencari Serli Herawati di seluruh area PN Bandung. Namun karena jumlah pengunjung sidang hari itu cukup banyak, sehingga menyulitkan pencarian," kata Guntur.

Sampai saat ini petugas masih melakukan pencarian dan melacak keberadaan Serli Herawati. "Sedang berupaya mencari dan melacak keberadaan Serli Herawati," kata Guntur.

Seperti diketahui, Serli merupakan tahanan dalam kasus pencurian dan pemberatan. Sejauh ini sudah 20 hari Serli ditahan di Rutan Perempuan Kelas IIA Bandung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x