Kompas TV video cerita indonesia

Menlu Retno : Total Ada 68 Yang Dievakuasi Dari Diamond Princess

Kompas.tv - 27 Februari 2020, 16:40 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPASTV -  Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan jumlah WNI yang akan dievakuasi dari Kapal Diamond Princess berkurang dari 78 menjadi 68. Retno menjelaskan dari jumlah 78 WNI yang ada di kapal, 8 orang diantaranya diperiksa dan terinfeksi positif virus corona, sedangkan 2 lainnya memilih untuk tetap tinggal di Jepang.

Hal ini dijelaskan Menlu usai Rapat Koordinasi tertutup di Kantor Kemenko PMK di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, (27/2/2020).

Menurut Menlu Retno evakuasi ini sifatnya sukarela tanpa paksaan. Untuk itu jika ada WNI yang memilih untuk tetap tinggal, maka terserah dari yang bersangkutan.

Adapun evakuasi akan dilaksanakan pemerintah Indonesia dengan pesawat, jika sudah disepakati waktunya dengan pemerintah Jepang.

Adapun 68 WNI dari Diamond Princess dan 188 WNI dari Dream World, akan diobservasi Di Pulau Sebaru Kecil di gugusan pulau Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Mereka akan diobservasi selama 14 hari. Meski tempatnya sama, namun mereka akan ditempatkan di gedung yang berbeda.

Observasi dilakukan di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan sesuai protokol WHO.

Alasan pulau tersebut dipilih menjadi lokasi observasi virus corona adalah karena pulau ini tidak berpenghuni dan berfungsi sebagai lokasi wisata.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x