HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Tragedi Susur Sungai Tewaskan Siswa SMP di Sleman, Investigasi Dilakukan

Sabtu, 22 Februari 2020 | 23:38 WIB

KOMPAS.TV - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menerjunkan tim investigasi untuk menyelidiki insiden susur sungai SMP Negeri 1 Turi, Sleman.

Apa yang ingin diungkap oleh Kemendikbud? Bagaimana seharusnya sekolah melakukan pengawasan agar kejadian seperti ini tak terulang lagi?

Proses pencarian dua siswa yang masih dinyatakan hilang akibat terseret arus Sungai Sempor di Sleman, Yogyakarta, masih dilakukan.

Derasnya aliran air sungai yang datang tiba-tiba menghanyutkan lebih dari 200 siswa SMP 1 Turi.

Delapan di antaranya dinyatakan meninggal.

Sebelumnya, Tim SAR menyusuri aliran Sungai Sempor, termasuk bagian saluran irigasi untuk mencari dua siswa SMP yang masih dinyatakan hilang karena hanyut terbawa derasnya arus sungai saat hujan turun.

Tim dibagi dalam beberapa kelompok untuk mempercepat pencarian korban.

Radius pencarian pun diperpanjang, dari sebelumnya 1 kilometer menjadi 5 kilometer.

Upaya membendung aliran sungai juga dilakukan untuk mempercepat penemuan korban.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Turi menyatakan bahwa tidak mendapat pemberitahuan soal kegiatan susur sungai yang diikuti 249 siswa.

Namun, ia menyebut bahwa susur sungai sudah sering dilakukan siswa bersama pembina.

Penulis : Christandi Super



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
10:01
BACA E-PAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   BAYERN MUENCHEN PERPANJANG MASA BAKTI PELATIH MEREKA HANSI FLICK HINGGA 2023   AJANG BALAP SEPEDA DI SWISS, TOUR DE SUISSE (TDS), DITUNDA AKIBAT ADANYA PANDEMI KORONA   JUMLAH KASUS KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA MELEBIHI TIONGKOK DENGAN 275.586 KASUS, 9.707 DI ANTARANYA TELAH SEMBUH   ANGKA KEMATIAN KARENA KORONA DI ITALIA MENCAPAI 14.681 JIWA, TERTINGGI DI DUNIA   ITALIA PERPANJANG MASA KARANTINA HINGGA 13 APRIL MENDATANG   PEMPROV JAWA TIMUR SIAPKAN RP 2,3 TRILIUN UNTUK PENANGANAN KORONA   PEMKOT SEMARANG SIAPKAN 180.000 PAKET SEMBAKO UNTUK WARGA TERDAMPAK KORONA   "HOTLINE" LAYANAN PENJEMPUTAN PENDONOR OLEH PMI JAKARTA SELATAN 0831-5132-8327   PMI JAKARTA SELATAN SIAPKAN LAYANAN PENJEMPUTAN BAGI PENDONOR SELAMA MASA PANDEMI VIRUS KORONA   DISNAKERTRANS DKI MENCATAT 3.611 PEKERJA DI WILAYAH JAKARTA TERKENA PHK AKIBAT VIRUS KORONA   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR NIHAYATUL WAFIROH MEMINTA PEMERINTAH PERCEPAT MENDETEKSI VIRUS KORONA   PBNU IMBAU NAHDLIYIN UNTUK MENGIKUTI ATURAN PEMERINTAH SOAL MUDIK LEBARAN   JUMLAH KASUS POSITIF KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 1.986 JIWA, 134 DI ANTARANYA TELAH DINYATAKAN SEMBUH