Kompas TV nasional berita kompas tv

306 Drum Tanah Terpapar Zat Radioaktif Diangkut dari Perumahan Batan Indah

Kompas.tv - 21 Februari 2020, 11:00 WIB
Penulis : Edika ipelona

TANGERANG SELATAN, KOMPASTV - Badan Tenaga Nuklir Nasional dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir masih membersihkan wilayah yang terpapar radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan. Hingga berita ini ditulis paparan radioaktif dinyatakan sudah aman.

Dalam rapat dengar pendapat di Komisi VII DPR, Kepala Batan, Anhar Riza menyatakan Batan sudah mengambil tanah yang terpapar radiasi di Perumahan Batan Indah. Total tanah yang sudah diangkut mencapai 269 drum. Selain tanah, beberapa tanaman juga dinyatakan terpapar radiasi. 

Batan dan Bapeten pun mengambil semua tanaman di sekitar lokasi pembuangan limbah yang jumlahnya mencapai 12 drum. Selain itu, Batan juga memeriksa kesehatan sebanyak sembilan orang yang tinggal di sekitar lokasi penemuan limbah radioaktif.

Sampai hari kedelapan, proses pembersihan radioaktif di area yang terpapar radiasi di Perumahan Batan Indah, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan masih terus dilakukan tim peneliti gabungan.

Tim kemudian sudah mengangkut 306 drum berisi tanah yang dibawa ke pusat teknologi limbah radioaktif atau PTLR. Namun sampai saat ini hasil pemeriksaan positif terpapar limbah radioaktif belum diketahui. Berdasarkan informasi, kadar radiasi dilingkungan masih di ambang batas normal yaitu 90% atau tujuh mikrosievert.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x