Kompas TV nasional berita kompas tv

4 WNI Kru Kapal Diamond Princess Positif Virus Corona

Kompas.tv - 20 Februari 2020, 10:40 WIB
Penulis : Edika ipelona

JEPANG, KOMPASTV - Pemerintah Indonesia sampai saat ini masih mengupayakan pemulangan wni terjangkit virus corona di Jepang.
Saat ini, ada 4 dari 78 kru Kapal Diamond Princess asal Indonesia terdeteksi positif corona dan masih dirawat di 2 rumah sakit di Jepang.

4 WNI yang menjadi kru Kapal Diamond Princess dirawat di 2 rumah sakit berbeda di Kota Chiba dan Tokyo, Jepang. Mereka menjadi prioritas untuk pemeriksaan kesehatan berdasarkan riwayat penyakit mereka. Otoritas jepang sampai saat ini masih melakukan tindakan medis terhadap 4 WNI tersebut. Menurut Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha, upaya pemulangan sampai saat ini masih dibahas bersama oleh otoritas terkait di Jepang.

Ratusan penumpang Kapal Diamond Princess mulai meninggalkan kapal. Mereka telah menjalani masa karantina selama 14 hari sejak 5 Februari lalu.

Bermula dari 10 orang yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona kini jumlah mereka yang dinyatakan terinfeksi menjadi 542 kasus. Kapal Diamond Princess mengangkut sebanyak 3.711 penumpang dan kru.

Karantina di kapal menuai kritik sejumlah pihak lantaran jumlah mereka yang tertular terus bertambah. Pemerintah Jepang membela diri dengan mengatakan telah melakukan sejumlah langkah untuk mencegah penyebaran lebih luas lagi.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x