HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Waspada Serangan Jantung di Usia Muda dan Sederet Artis yang Punya Riwayat Serupa

Rabu, 19 Februari 2020 | 12:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Serangan jantung yang dialami selebritas Ashraf Sinclair pada Selasa (18/02/2020) pagi kemarin, mengejutkan banyak orang.

Serangan jantung patut diwaspadai karena penyakit kardiovaskular menjadi penyakit tidak menular utama yang menyebabkan kematian manusia di dunia.

Penyakit kardiovaskular tercatat sebagai penyebab kematian nomor satu di dunia.

Serangan jantung adalah salah satu jenisnya, dimana terjadi hambatan aliran darah ke jantung secara mendadak oleh pembekuan darah.

America Heart Association bahkan menyebut bahwa hampir setiap satu dari tiga orang yang meninggal disebabkan oleh penyakit kardiovaskular.

Penyakit kardiovaskular menyebabkan kematian lebih banyak dibandingkan kanker dan kecelakaan, bahkan jika angka keduanya digabungkan.

Ia menyerang perempuan dan laki-laki sama banyaknya.

Untuk itu, berolahraga baik untuk kesehatan tubuh.

Namun Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, Perki, minta agar keamanan jantung diperhatikan sebelum melakukan olahraga.  

Dalam program Sapa Indonesia, Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, Perki, Dokter Isman Firdaus menyebut ada sejumlah hal yang dapat dilakukan, untuk menghindari serangan jantung.

Hal ini merujuk dari peristiwa meninggalnya suami dari selebritas Bunga Citra Lestari, ashraf sinclair.

Sang suami  meninggal dunia di usia 40 tahun karena serangan jantung.

BCL dan Ashraf sebenarnya baru saja berkunjung ke New York, Amerika Serikat pada 11 Februari lalu.

Sepulang dari Amerika Serikat, Ashraf disebut langsung menjalani aktivitas mulai dari rapat sampai berolahraga, sebelum akhirnya ajal menjemput.

Tak ada yang menyangka Ashraf mengalami serangan jantung karena almarhum dikenal memiliki gaya hidup sehat dan rajin berolah raga.

Ashraf Sinclair bukanlah selebritas pertama yang meninggal dunia akibat serangan jantung di usia muda.

Penulis : Reny Mardika



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
09:48
BACA E-PAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   BAYERN MUENCHEN PERPANJANG MASA BAKTI PELATIH MEREKA HANSI FLICK HINGGA 2023   AJANG BALAP SEPEDA DI SWISS, TOUR DE SUISSE (TDS), DITUNDA AKIBAT ADANYA PANDEMI KORONA   JUMLAH KASUS KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA MELEBIHI TIONGKOK DENGAN 275.586 KASUS, 9.707 DI ANTARANYA TELAH SEMBUH   ANGKA KEMATIAN KARENA KORONA DI ITALIA MENCAPAI 14.681 JIWA, TERTINGGI DI DUNIA   ITALIA PERPANJANG MASA KARANTINA HINGGA 13 APRIL MENDATANG   PEMPROV JAWA TIMUR SIAPKAN RP 2,3 TRILIUN UNTUK PENANGANAN KORONA   PEMKOT SEMARANG SIAPKAN 180.000 PAKET SEMBAKO UNTUK WARGA TERDAMPAK KORONA   "HOTLINE" LAYANAN PENJEMPUTAN PENDONOR OLEH PMI JAKARTA SELATAN 0831-5132-8327   PMI JAKARTA SELATAN SIAPKAN LAYANAN PENJEMPUTAN BAGI PENDONOR SELAMA MASA PANDEMI VIRUS KORONA   DISNAKERTRANS DKI MENCATAT 3.611 PEKERJA DI WILAYAH JAKARTA TERKENA PHK AKIBAT VIRUS KORONA   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR NIHAYATUL WAFIROH MEMINTA PEMERINTAH PERCEPAT MENDETEKSI VIRUS KORONA   PBNU IMBAU NAHDLIYIN UNTUK MENGIKUTI ATURAN PEMERINTAH SOAL MUDIK LEBARAN   JUMLAH KASUS POSITIF KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 1.986 JIWA, 134 DI ANTARANYA TELAH DINYATAKAN SEMBUH