HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Dari Panji hingga Ahli Reptil Australia, Penyelamatan Buaya Berkalung Ban Belum Berhasil

Minggu, 16 Februari 2020 | 14:19 WIB

PALU, KOMPASTV - Sekitar empat tahun upaya penyelamatan buaya berkalung ban bekas di Palu terus dilakukan. Namun, upaya petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah masih belum berhasil. Upaya petugas gagal sebab buaya kerap kabur saat akan diselamatkan.

Saat ini, petugas menerapkan metode penyelamatan dengan memasang perangkap.

Sementara, upaya penyelamatan buaya telah diperpanjang hingga Selasa (18/2) mendatang.

Baca Juga: Video Aksi Penyelamatan Buaya Berkalung Ban, Nyaris Tertangkap!

Sebelumnya sejumlah cara telah dilakukan BKSDA Sulawesi Tengah sejak 2016 untuk menyelamatkan buaya berkalung ban bekas. Termasuk salah satunya memanggil para ahli satwa.

Di antaranya, Matt Wright dan rekannya, Chris Wilson, pencinta alam asal Australia. Keduanya berpengalaman menangkap puluhan buaya terutama yang masuk ke permukiman.

Matt juga merupakan pengisi acara televisi dalam salah satu program di National Geographic. Namun, usaha keduanya belum membuahkan hasil.

Pada 2018, Panji si petualang juga mencoba menangkap buaya tersebut, namun gagal.

Akhirnya, BKSDA Sulawesi Tengah menggelar sayembara untuk menangkap dan membebaskan buaya dari jerat ban bekas di lehernya. Namun sayembara ditutup karena sepi peminat.

Baca Juga: Rekan Matt Wright Undur Diri dari Penyelamatan Buaya Berkalung Ban
 

Penulis : edika ipelona



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
21:05
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   BACA EPAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   BRUNEI DARUSSALAM SEBUT SUDAH 4 HARI TIDAK ADA KASUS BARU VIRUS KORONA DI NEGARANYA   DUA ORANG DI AS DIJERAT DENGAN PASAL TERORISME SETELAH MEREKA MENGKLAIM DENGAN SENGAJA MENYEBARKAN KORONA   PERHIMPUNAN HOTEL & RESTORAN INDONESIA (PHRI): 1.266 HOTEL DI SELURUH INDONESIA DITUTUP SEMENTARA KARENA KORONA   TRANSJAKARTA TERAPKAN PEMBATASAN JUMLAH PENUMPANG SAAT PSBB BESOK DIBERLAKUKAN   13 KORIDOR UTAMA TRANSJAKARTA TETAP BEROPERASI SAAT PSBB BESOK DIBERLAKUKAN   SEBANYAK 4,2 JUTA WARGA DI JABODETABEK AKAN MENDAPAT BANSOS SEMBAKO DARI PEMERINTAH   PEMERINTAH ANGGARKAN RP 360 MILIAR UNTUK INSENTIF BAGI SOPIR TAKSI, BUS, TRUK, DAN KERNET   PRESIDEN JOKOWI: SOPIR TAKSI, BUS, TRUK, DAN KERNET AKAN DAPAT INSENTIF RP 600.000 PER BULAN SELAMA 3 BULAN   KOMNAS HAM MINTA PEMERINTAH PASTIKAN NARAPIDANA KORUPSI JAGA JARAK DI TENGAH PANDEMI KORONA   PEMERINTAH: LEBIH DARI 18.000 ORANG MENDAFTAR SEBAGAI RELAWAN PENANGGULANGAN KORONA   PEMERINTAH: SAAT INI ADA LEBIH DARI 35.000 DOKTER YANG MENANGANI PASIEN KORONA DI INDONESIA