HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV religi beranda islami

Pesantrennya Para Preman

Jumat, 14 Februari 2020 | 22:03 WIB

Gus Tanto adalah pria berambut gondrong yang tinggal di daerah Perbalan, Purwosari, Semarang Jawa Tengah. Tempat Gus Tanto bermarkas hingga kini adalah Pondok Pesantren Istighfar. Sebagai warga asli Perbalan Gus Tanto juga terlibat dalam lingkaran kekerasan sejak kecil namun hal ini tak membuatnya ikut terseret, sejak SMA ia sudah mengumpulkan orang-orang bermasalah di sekitarnya dan mengajak meramaikan pengajian bersama.

Ketika ia merasa ilmunya belum cukup, Gus Tanto kemudian berguru ke berbagai ulama di berbagai tempat, mulai dari Banten hingga ke Banyuwangi. Dan akhir 80an cita-cita memiliki pesantren pelan-pelan bisa diwujudkan tapi bukan pesantren bagi orang kebanyakan melainkan pesantren untuk preman.

Usahanya tak mudah, untuk mengajak preman masuk pesantren Gus Tanto terjun langsung ke lapangan, mulai dari terminal hingga ke lokalisasi pelacuran. Pertama kali memulai pondok Gus Tanto belum memiliki tempat khusus, pengajian dilakukan berpindah-pindah seperti arisan, baru akhir 2004 pondok didirikan itupun berkat pertolongan orang lain. 

Penulis : Agung Pribadi



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
14:32
WAKIL GUBERNUR BALI SEBUT DAMPAK WABAH VIRUS KORONA OKUPANSI HOTEL DI BALI ANJLOK HINGGA 80 PERSEN    KOREA SELATAN UNGKAP TOTAL PENDERITA YANG TERINFEKSI VIRUS KORONA HINGGA HARI INI 346 ORANG   KOREA SELATAN MELAPORKAN 142 KASUS BARU VIRUS KORONA PADA SABTU, 22 FEBRUARI 2020   KANTOR STAF PRESIDEN: PEMERINTAH CARI ALTERNATIF TERBAIK UNTUK EVAKUASI WNI DARI DIAMOND PRINCESS   WNI YANG MENJADI PEKERJA DI KAPAL DIAMOND PRINCESS MENGAKU KECEWA JIKA DIEVAKUASI MENGGUNAKAN JALUR LAUT   MENTERI KOPERASI DAN UKM TETEN MASDUKI DUKUNG KOPERASI SIMPAN PINJAM TERAPKAN TEKNOLOGI SEKELAS BANK   OMBUDSMAN SEGERA PANGGIL KEMENKO PEREKONOMIAN DAN KEMENKUMHAM SOAL POLEMIK UU CIPTA KERJA    HUMAS BATAN: PEMBERSIHAN LIMBAH RADIOAKTIF DI PERUMAHAN BATAN INDAH, TANGSEL, DILANJUTKAN SENIN, 24 FEBRUARI 2020   KARO HUMAS BATAN SEBUT PEMBERSIHAN LIMBAH RADIOAKTIF DI PERUMAHAN BATAN INDAH, TANGSEL, DILIBURKAN SEMENTARA   JUBIR PRESIDEN FADJROEL RACHMAN SEBUT PEMERINTAH SEGERA EVAKUASI WNI YANG BERADA DI KAPAL DIAMOND PRINCESS   TERKAIT KECELAKAAN SUSUR SUNGAI SLEMAN, KPAI IMBAU SEKOLAH PERHATIKAN RISIKO KEGIATAN DI ALAM   KPAI IMBAU FOTO SISWA SMPN 1 TURI, YOGYAKARTA, YANG MENJADI KORBAN HANYUT SAAT SUSUR SUNGAI TIDAK DIVIRALKAN    BASARNAS YOGYAKARTA SEBUT MASIH SATU SISWA LAGI YANG BELUM DITEMUKAN AKIBAT HANYUT DI SUNGAI SEMPOR   BASARNAS YOGYAKARTA TEMUKAN DUA KORBAN SISWA YANG HANYUT DI SUNGAI SEMPOR SAAT IKUTI KEGIATAN PRAMUKA SUSUR SUNGAI