HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Budayawan Ridwan Saidi Jawab Protes Warga Ciamis Soal Arti Galuh

Jumat, 14 Februari 2020 | 16:13 WIB
Budayawan Betawi Ridwan Saidi saat ditemui di kediamannya, Bintaro, Jakarta Selatan, Jumat (12/2/2016) siang. (Sumber: KOMPAS.com/Andri Donnal Putera)

KOMPAS TV - Ridwan Saidi, Budayawan Betawi, menjawab keberatan warga Ciamis, Jawa Barat, terkait pernyataannya soal arti kata ‘Galuh’. 

Pria yang akrab disapa Babeh itu berkukuh bahwa kata Galuh artinya brutal. Ia merujuk pada Bahasa Armenia.

Dahulu kala, Babeh menjelaskan, masyarakat ras kaukasia yang tinggal bersama pribumi kerap menggunakan bahasa Armenia.

Di masa itulah, masyarakat pribumi akrab dengan istilah Galuh yang menurut Ridwan berarti brutal. Seiring berjalannya waktu, penduduk lokal ketika itu salah mengartikan istilah Galuh.

“Jadi, mereka (masyarakat Pribumi) enggak mengerti arti Galuh itu apa. Tapi, dalam bahasa Armenia Galuh itu artinya seperti yang saya katakan tadi. Itu ada kamusnya,” kata Ridwan seperti dikutip dari Kompas.com pada Jumat (14/9/2020).

Baca Juga: Revitalisasi Taman Ismail Marzuki, Budayawan: Jangan Dikooptasi Kepentingan Bisnis

Babeh mengaku heran kesalahan masyarakat pribumi zaman dahulu itu bisa bertahan, bahkan sampai sekarang.

Penulis : Tito Dirhantoro




BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
20:32
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB   BAHAS SOLUSI BANJIR, PEMPROV JAWA BARAT PANGGIL BUPATI HINGGA WALI KOTA YANG WILAYAHNYA TERDAMPAK    MENKES SEBUT ARAB SAUDI SEMESTINYA MELAKUKAN NEGOSIASI SEBELUM MENGHENTIKAN SEMENTARA VISA UMRAH    MENLU NILAI KEPUTUSAN PEMERINTAH ARAB SAUDI MENGHENTIKAN SEMENTARA VISA UMRAH BAGI WNI TAK RELEVAN   MENLU MINTA WNI YANG SUDAH DALAM PERJALANAN & BERADA DI ARAB SAUDI DAPAT MELAKSANAKAN IBADAH UMRAH   MENHUB MENYATAKAN PENERBANGAN KE ARAB SAUDI DIHENTIKAN SEMENTARA MULAI BESOK    TERKAIT WABAH VIRUS KORONA, KEMENTAN AKAN ALIHKAN IMPOR BAWANG PUTIH DARI TIONGKOK KE INDIA    JAKSA KPK SOROTI KENAIKAN JUMLAH PENGAJUAN DANA HIBAH KONI KE KEMENPORA DARI RP 16 MILIAR JADI RP 27 MILIAR   KETUA DPRD DKI JAKARTA MEMINTA TIAP FRAKSI MENGIRIMKAN ANGGOTANYA UNTUK JADI ANGGOTA PANSUS BANJIR   KETUA DPRD DKI JAKARTA PRASETYO EDI MARSUDI TELAH MENYETUJUI PEMBENTUKAN PANSUS BANJIR    KPU PERTIMBANGKAN MODEL PEMILU YANG PALING IDEAL BERDASARKAN PUTUSAN MK   WAKIL KETUA DPR SUFMI DASCO AHMAD: DAMPAK NEGATIF PEMILU 2019 MESTINYA JADI PEMBELAJARAN DI MASA MENDATANG    PERLUDEM MEMINTA DPR & PEMERINTAH HARUS CERMAT DALAM MENENTUKAN MODEL PEMILU SERENTAK