Kompas TV regional berita daerah

Viral! Tugu di Gerbang Tol Madiun Menyerupai Logo PKI

Kompas.tv - 11 Februari 2020, 20:00 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MADIUN, KOMPAS.TV - Sebuah Tugu yang berada di Gerbang Tol Kabupaten Madiun Jawa Timur dinilai menyerupai palu arit, yang identik dengan lambang PKI. Tugu ini berada tepat di Interchange Tol Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri atau di kilometer 600 Kabupaten Madiun.

Tugu ini belakang ramai diperbincangan di media sosial, salah satunya unggahan akun facebook Bang Isal di grup Anis Baswedan For Presiden RI 2024. Akun FB Bang isal menyebut tugu tersebut menyerupai palu arit, yang merupakan simbol dari organisasi terlarang Partai Komunis Indonesia (PKI).

Baca Juga: Geger Tugu Tol Madiun Mirip Palu Arit, Begini Penjelasan Pengelola

Menanggapi pemberitaan di media online dan pembicaraan di media sosial terkai hal ini, Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), Dwi Winarsa, langsung mengeluarkan rilis resmi yang membantah tudingan tesebut. Dalam rilisnya, Dwi Winarsa menjelaskan bahwa tugu yang berada di Simpang Susun Gerbang Tol (SS GT) Madiun merupakan logo perusahaan PT JNK, yang berfungsi sebagai branding perusahaan serta sebagai penanda bagi pemakai jalan, yang belum mengetahui akses gerbang tol Madiun.

“Dilihat dari sisi sudut tertentu tugu iconic membentuk huruf JNK. Tugu menjulang vertikal jika dilihat dari arah barat ke timur membentuk huruf “J”. Lengkung jalan tol yang melingkar jika dilihat dari atas akan membentuk huruf “N”. Kemudian secara keseluruhan jika dilihat dari arah SS GT Madiun ke arah timur akan membentuk huruf “K”, jelas Dwi Winarsa.

Pembangunan tugu saat ini merupakan tahap pertama dan akan diselesaikan segera. Pembangunan tahap kedua akan dilengkapi dengan penambahan huruf JNK setinggi 1,5 meter dari bahan acrylic dengan pencahayaan tinggi.

#tugupaluarit  #gerbangtolmadiun  #tuguPKI  




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x