Kompas TV nasional sapa indonesia

Bangga! Ilmuwan Perempuan Ini Teliti Tempe Pencegah Pikun

Kompas.tv - 8 Februari 2020, 15:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam menyambut Hari Internasional Peran Perempuan dalam Sains yang jatuh pada tanggal 11 Februari 2020, Kompas TV menghadirkan ilmuwan yang juga berprestasi di lingkup akademisi global.

Adalah Profesor Tri Budi Rahardjo, ilmuwan perempuan sekaligus finalis peraih ''Newton Prize'' yang telah meneliti manfaat tempe untuk mencegah penyakit demensia atau pikun.

Newton Prize baru diluncurkan tahun 2016 sebagai bagian dari Newton Fund, dimana acara ini merupakan kerjasama antar pemerintah Inggris dan Indonesia di bidang sains dan inovasi.

Sedari tahun 2013, Profesor Tri Budi Rahardjo sudah memulai melakukan penelitian tentang manfaat tempe. Terbukti secara epidemologis, perempuan yang mengkonsumsi tempe kemampuan kognitifnya menjadi lebih baik dibandingkan yang tidak mengkonsumsi.

Selain itu, Profesor Tri Budi Rahardjo juga menyebutkan jika saat ini sudah semakin banyak ilmuwan dan peneliti yang berasal dari perempuan. Oleh karena itu, beliau sangat berharap gerakan perempuan untuk menjadi ilmuwan selalu didukung oleh Pemerintah karena nantinya yang dihasilkan oleh para peneliti dan ilmuwan perempuan ini bukan sekedar ilmu saja namun juga untuk kesejahteraan masyarakat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x