Kompas TV nasional aiman

Pemerintah Cegah & Deteksi Virus Corona Masuk Indonesia - AIMAN (Bag 4)

Kompas.tv - 7 Februari 2020, 14:03 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Upaya pencegahan masuknya virus Corona ke Indonesia ini sudah dilakukan di bandara-bandara Internasional yang berada di Indonesia. Tak hanya itu pemerintah Indonesia juga melakukan cegah tangkal di pelabuhan yang menjadi pintu masuk Indonesia.

Sekretaris Dirtjen P2P Kementrian Kesehatan, Achmad Yurianto mengatakan, seluruh upaya telah dilakukan. Namun,belum maksimal karena mencakup banyak hal. Upaya pencegahan dikhususkan di wilayah yang berdekatan atau berada di pintu masuk Indonesia, baik di bandara maupun pelabuhan. Selain itu, pencegahan juga dilakukan di tempat-tempat yang menjadi destinasi wisata.

Nihayatul Wafiroh, Wakil Ketua Komisi IX DPR-RI membantah penyebaran informasi telah dilakukan. Menurutnya masih ada bidan di beberapa wilayah yang belum mendapatkan informasi terkait penangan maupun pencegahan terhadap virus Corona. Nihayatul juga menyoroti operasional alat pendeteksi panas di Bandara yang tidak maksimal. Alat pendeteksi panas Termo scanner biasa disebut, memang telah berada di Bandara. Namun, sedikit sekali petugas yang berjaga. Nihayatul khawatir karena tidak adanya petugas yang berjaga memungkinkan seseorang yang terinfeksi Virus Corona lolos dan masuk ke wilayah Indonesia.

Selain itu, Nihayatul menyayangkan fasilitas-fasilitas kesehatan yang berada di KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) sangat kecil, sehingga untuk antisipasi masih dibilang belum cukup. Bagaimana evaluasi DPR-RI terhadap upaya Pemerintah, khususnya Kementrian Kesehatan, dalam menyelesaikan pekerjaan rumah terkait virus Corona? Simak selengkapnya di tayangan Aiman Spesial Virus Corona bagian 4 berikut ini.

#aiman #VirusCorona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x