Kompas TV kuliner cerita rasa

REVIEW EGG ROLL KHAS KAMPUNG ADAT CIRENDEU | Egg Roll nya Berserat Tinggi, Bagus Buat Kesehatan

Kompas.tv - 6 Februari 2020, 13:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

CIMAHI, KOMPASTV - Berbeda dengan kue egg roll yang saat ini banyak beredar di pasaran, egg roll hasil produksi Kampung Cireundeu, Bandung ini sama sekali tidak menggunakan tepung terigu, sebagai bahan dasarnya. Egg roll ini menggunakan bahan dasar rasi, atau beras singkong. Apa sih rasi? Rasi adalah beras singkong, yang dihasilkan dari limbah yang tersisa dari proses produksi singkong menjadi tepung tapioka. Bisa dibilang rasi adalah perasan singkong yang dikeringkan, sehingga akhirnya bertekstur mirip beras. Meski rasi merupakan limbah, namun selama ratusan tahun memakan rasi masyarakat kampung adat tersebut ternyata sehat bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Egg roll Cirendeu ini berbahan dasar, tepung kanji, tepung rasi, telur, mentega, ovalet atau pengembang , gula pasir dan susu bubuk.

Karena menggunakan rasi sebagai bahan dasar, egg roll ini pun menjadi kaya akan serat, serta memiliki harga yang lebih murah. Menariknya, egg roll ini sudah mulai dipasarkan pada 2011, termasuk dijual di sejumlah toko kue di Kota Bandung. 

 

Masyarakat sudah berhasil mengembangkan hasil olahan pangan lainnya, seperti kue-kue yang dijual untuk bingkisan Lebaran, opak bumbu, dan cireng.  Egg roll yang diproduksi pun memiliki aneka rasa dan dikemas dalam berbagai ukuran.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x