HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV TALKSHOW polling

POLLING #6: KPI Menjawab Nyinyiran Netizen Soal Sensor, Netflix, dan Youtube

Senin, 3 Februari 2020 | 18:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sering menjadi bulan-bulanan netizen terkait dengan banyaknya tayangan di televisi yang disensor. Netizen menilai, KPI berlebihan dalam aturan sensor termasuk menyensor kartun. Namun KPI pun membantah, sensor itu bukan dilakukan pihaknya namun dari lembaga penyiaran, dalam hal ini stasiun TV itu sendiri, karena terlalu takut untuk mendapat "Surat Cinta" dari KPI.

KPI mengingatkan agar lembaga penyiaran berpedoman pada Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) dalam menyajikan tayangan.

Memasuki era tayangan digital, KPI kembali mendapatkan protes dari masyarakat terkait wacana pengawasan dari KPI terhadap media baru seperti layanan TV streaming Netflix, dan Youtube. Masyarakat menilai, KPI tidak perlu ikut mengawasi dan mengatur media baru, karena Undang-undang Penyiarn yang ada saat ini hanya memperbolehkan KPI mengawasi dan mengatur televisi konvensional.

Selain itu, banyak masyarakat yang juga menilai, tayangan konvensional saat ini belum sepenuhnya ditangani dengan baik oleh KPI.

Lalu, bagaimana KPI Menyikapi hal ini? 

Ketua KPI Agung Suprio berbincang kepada Kompas TV, dan menjawab semua keresahan netizen dalam program POLLING (Podcast Keliling) bersama Laura Elvina.

Baca Juga: KPI: Promo “Gundala” Memuat Kata Kasar, “Spongebob” Memuat Adegan Kasar

Penulis : Laura Elvina



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
08:42
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   BACA EPAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS   PEMERINTAH KOTA TANGERANG SEDIAKAN PERMAKAMAN KHUSUS KORBAN KORONA DI TPU SELAPAJANG JAYA   PEMERINTAH SIAPKAN 250.000 TON GULA UNTUK MENSTABILKAN HARGA DI PASARAN   INDUK ORGANISASI ATLETIK DUNIA MENGUNDURKAN JADWAL KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO MENJADI 30 NOVEMBER 2020   PANDEMI KORONA, PEMKOT MADIUN, JATIM, JADIKAN GEDUNG ASRAMA HAJI SEBAGAI LOKASI KARANTINA BAGI PEMUDIK   HIMPUNAN PSIKOLOG INDONESIA (HIMPSI) JEMBER SEDIAKAN KONSELING GRATIS BAGI YANG TERDAMPAK PANDEMI KORONA   PEMKOT MALANG MENGALOKASIKAN RP 58,2 MILIAR UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN KORONA   PEMKOT MALANG MENJAMIN KETERSEDIAAN LOGISTIK SELAMA PENERAPAN PSBB    KURIR SEPEDA MOTOR DI JAKARTA MASIH DIPERBOLEHKAN BEROPERASI SAAT PSBB DITERAPKAN    PENERAPAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) DI JAKARTA AKAN BERLANGSUNG PADA JUMAT, 10 APRIL 2020   PEMKOT BEKASI PESAN 1 JUTA MASKER KAIN UNTUK DIBAGIKAN GRATIS KE WARGA GUNA CEGAH PENYEBARAN KORONA   KEMENKEU BERKOORDINASI DENGAN KEMENKES UNTUK MENETAPKAN STANDAR BIAYA PENANGANAN PASIEN POSITIF KORONA