Kompas TV nasional kompas siang

Tiga Pesawat TNI AU Sudah Siap Evakuasi WNI di Wuhan

Kompas.tv - 31 Januari 2020, 13:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menginstruksikan untuk segera mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Provinsi Hubei, China terkait penyebaran virus corona.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan detail evakuasi WNI di China saat ini sudah siap, termasuk berkoordinasi dengan Pemerintah China. Keputusan Presiden Joko Widodo untuk mengevakuasi WNI di Hubei, China terkait penyebaran virus corona diambil setelah bertemu Menlu Retno Marsudi dan sejumlah Menteri terkait lainnya. 

Pertemuan dilakukan di ruang tunggu pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma pada Kamis sore (30/01/2020).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa rancangan dan detail evakuasi sudah siap dan terus dimatangkan. Terutama dalam koordinasi dengan pemerintah China, yang disebutnya siap memfasilitasi evakuasi WNI.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Cahyanto, menyatakan kesiapan pesawat dan tenaga medis untuk memulangkan WNI dari Wuhan, China.

TNI AU sudah menyiapkan 3 pesawat yang terdiri dari 2 unit pesawat jenis Boeing dan 1 unit pesawat Hercules. Ketiga pesawat ini berstatus siap siaga, namun terkait hari dan tanggal keberangkatan evakuasi masih belum dapat dipastikan.

Sebelumnya, isolasi diberlakukan pemerintah Tiongkok di Wuhan terkait menyebarnya virus corona. Saat ini, sebanyak 243 WNI yang berada di Hubei, tersebar di 7 lokasi, termasuk di Wuhan.

KBRI terus memantau perkembangan hal ini guna memastikan kondisi WNI di Wuhan dalam keadaan baik dan memastikan kebutuhan hidup sehari-hari mereka tercukupi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x