Kompas TV regional berita daerah

Sembahyang Tahun Baru Imlek, Doakan Kebajikan bagi Bangsa

Kompas.tv - 28 Januari 2020, 23:38 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG-KOMPAS.TV-Sembahyang menyambut Tahun Baru Imlek 2571 digelar di Klenteng Eng An Kiong, pada Sabtu (25/01/2020) pagi.

 

Ratusan umat Tao, Konghucu, dan Budha Mahaya mengikuti sembahyang menyambut kelahiran Yang Mulia Bie Lik Hud dan Upacara Keagamaan menyambut Tahun Baru Khong Cu Lik 2571 dengan khusyuk, di Klenteng yang terletak di  jalan Martadinata kota Malang ini.

 

Hari pertama menyambut musim semi Tahun Baru Imlek 2571 ditandai dengan pergantian tahun babi tanah ke tahun tikus logam. Dengan berakhirnya tahun atau shio babi, menandai pula akhir dari rangkaian siklus dua belas tahunan shio, dengan kembali ke tahun atau shio tikus.

 

Tikus sendiri dianggap sebagai hewan yang terampil. Diharap dengan begitu manusia juga diharap bisa terampil dalam menghadapi Imlek, yang datangnya pada musim semi.

 

Menurut Bonsu Anton, humas Klenteng Eng An Kiong Malang, dalam sembahyang kali ini  umat juga berdoa untuk bangsa, agar selalu menjunjung tinggi kebaikan dan kebajikan.

 

Klenteng Eng An Kiong sendiri telah berdiri sejak tahun 1825. Itu berarti Klenteng ini telah berusia 195 tahun. Karena itulah banyak juga umat tionghoa yang sengaja datang dari luar kota, bahkan luar pulau, untuk beribadah di sini saat Imlek tiba.

 

#imlek #klentengEngAnKiong



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x