Kompas TV travel jelajah indonesia

Di Sini Produksi Kentang Terbesar di Indonesia

Kompas.tv - 28 Januari 2020, 15:15 WIB
Penulis : Herwanto

Salam jelajah.
Penjelajahan Kamga di dataran tinggi Dieng, membawanya pada satu fenomena yang menarik. Hingga sejauh mata memandang, tanaman kentang menghampar dihampir seluruh badan perbukitan.
Tanaman kentang memang identik dengan dataran tinggi. Namun, di Dieng, kentang menjadi produksi terbesar se-Indonesia. Dataran Tinggi Dieng tak hanya dikenal dengan keindahan dan keunikan alamnya. Beragam produk pertaniannya juga memiliki ciri khas yang tak ditemui di wilayah lain. Sebut saja carica (karika), sejenis pepaya yang kerap diolah menjadi manisan atau minuman segar. Ada lagi purwaceng, tumbuhan yang dipercaya memunculkan efek viagra dan diyakini hanya tumbuh baik di Dieng yang berada di ketinggian rata-rata kisaran 2.000 mdpl. Saking spesifiknya lokasi, kentang yang sebenarnya juga lazim ditanam di daerah lain menjadi komoditas unggulan ketika ditanam di Dieng. Kemudian, kentang jenis ini dikenal sebagai kentang Dieng.

Kentang Dieng berukuran lebih besar dibanding kentang wilayah lain. Daging berwarna kuning keemasan. Rasa dan tekstur umbinya juga lembut dan manis. Beberapa karakter unggul ini membuat kentang Dieng berharga lebih mahal dibanding kentang biasa.

Namun pada pertengahan tahun 2019, harga kentang Dieng semakin jatuh. Harga kentang Dieng yang normalnya di atas Rp 10 ribu per kilogram dari petani, kini turun lebih dari separuhnya dan hanya dihargai Rp 4.800 per kilogram. Masalnya penanaman kentang dari para petani ini bukan tanpa alasan.
Beberapa tahun silam, tembakau dan jagung adalah tanaman khas petani di DIeng. namun seiring melesatnya harga dan permintaan kentang, hampir seluruh petani di Dieng ketika itu ramai-ramai mengganti tanaman mereka dengan kentang.

Yuk, tontong video Kamga menelusuri perkebunan kentang di Dieng.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x