Kompas TV nasional berita kompas tv

Sejumlah Kementerian Rapat Bahas Virus Corona

Kompas.tv - 27 Januari 2020, 12:01 WIB
sejumlah-kementerian-rapat-bahas-virus-corona
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menkes, Menlu, Menparekraf, dan Dirjen Bahas Virus Corona, siang ini di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (27/1/2020). (Sumber: Kompas TV / Alfa / Ian)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Siang ini, dimulai dari pukul 12 WIB lebih, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mulai rapat terkait antisipasi dan penanganan penyebaran virus corona di Indonesia.

Rapat akan merumuskan langkah-langkah terbaik yang harus dilakukan ke depan dengan tetap menjaga kewaspadaan dalam siaga satu yang saat ini sudah berjalan.

Selain Menhub, peserta rapat lainnya adalah Menteri Kesehatan (Menkes), Menteri Luar Negeri (Menlu), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Dirjen Imigrasi, Dirjen Bea Cukai, dan seluruh operator bandara.

Baca Juga: Menhub: Indonesia Hentikan Penerbangan ke Wuhan

“Rapat membahas langkah-langkah penanganan lanjutan yang harus dilakukan saat ini dan ke depan,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi, di Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Senin (27/1/2020).

Terkait merebaknya virus corona, kata Budi, hingga saat ini belum ada peringatan perjalanan atau travel alert ke Tiongkok atau China.

Belum ada larangan perjalanan dari dan menuju ke Tiongkok, kecuali blokir penerbangan dari dan ke Kota Wuhan, China. 

Namun demikian, pihaknya telah meminta kepada petugas bandara dan pelabuhan untuk mengawasi secara ketat terhadap penumpang internasional.

Para petugas front liners juga diwajibkan untuk mengikuti prosedur seperti menggunakan masker.

“Saya sudah menyampaikan dan meminta kepada seluruh operator bandara serta pelabuhan untuk meningkatkan, tidak saja penerbangan dari dan ke Wuhan, tetapi semua penerbangan atau kapal yang dari China kita lakukan pemeriksaan yang intensif, profesional, dan sopan,” tutur Budi Karya Sumadi.

Budi menegaskan bahwa dalam rapat itu akan dihasilkan langkah pencegahan dan penanganan yang lebih masif dalam menangani dan mencegah penyebaran virus corona. (Alfa/Ian).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x