Kompas TV nasional berita kompas tv

Selain Corona, Ini Virus Berbahaya dari China

Kompas.tv - 25 Januari 2020, 14:39 WIB
selain-corona-ini-virus-berbahaya-dari-china
Visual virus SARS (Sumber: 3D4MEDICAL)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Sebelum kemunculan Virus Corona baru dengan kode 2019-nCov, sindrom pernapasan akut berat (SARS) dan Virus H5N1 atau Flu Burung sempat mengegerkan dunia.

Penularan Virus Corona sama seperti SARS dan Flu Burung, yakni dari hewan ke manusia. Faktanya ketiga virus berbahaya tersebut pertama kali muncul di China.

Negera-negara di dunia pernah mendapat ancaman dari SARS dan Flu Burung, kini negara di dunia sudah mengeluarkan status pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona.

Baca Juga: Virus Corona Sudah Sampai Malaysia

Saat ini Virus Corona sudah masuk ke Jepang, Korea Selatan, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam, Amerika Serikat hingga Australia. Penyebarannya karena mobilitas warga negara China ke negara lain atau sebaliknya, warga negara asing yang berwisata ke China, tepatnya ke Kota Wuhan. Berikut fakta terkati tiga virus berbahaya dari China yang dirangkum dari bebagai sumber.


SARS 

Virus Corona sebagai agen penyebab SARS (Sumber: Wikipedia)

Kasus pertama SARS di dunia tercatat muncul dari Guangdong, China pada November 2002. Penyebarannya terbilang cepat karena pemerintah China menutup informasi terkait wabah Virus SARS. Negara pertama yang terjangkit wabah ini adalah Hongkong dan Vietnam.

Pemerintah China melaporkan adanya wabah kepda WHO, organisasi kesehatan dunia pada 10 Februari 2003 dengan 305 kasus yang terjangkit dan sudah ada lima korban jiwa. Virus ini diketahui berasal dari Musang. Perpindahannya lantaran masyarakat Guangdong suka memburu Musang untuk dikonsumsi

SARS menyebar ke Hongkong diduga dari seorang dokter yang merawat pasien SARS di Guangdong. Dokter yang terjangkit SARS ini datang ke Hongkong untuk bertemu keluarga dan seminar kesehatan. Setelah mendapat perawatan intensif dokter tersebut meninggal.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x