Kompas TV nasional berita kompas tv

Cegah Virus Corona, Thermal Scanner Dipasang di Bandara dan Pelabuhan

Kompas.tv - 23 Januari 2020, 03:30 WIB
Penulis : Christandi Super

Kementerian Kesehatan belum melakukan travel ban atau pelarangan perjalanan, baik dari negara Tiongkok ke Indonesia ataupun sebaliknya.

Untuk mencegah masuknya virus misterius mirip pneumonia dari Wuhan, Tiongkok, Kementerian Kesehatan mengaku sudah menyiagakan thermal scan di 135 pintu masuk negara, baik yang ada di bandara ataupun pelabuhan.

Dalam acara jumpa pers yang digelar di kantor Kementerian Kesehatan di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Kemenkes juga memastikan hingga kini belum ada travel ban atau pelarangan perjalanan baik dari negara Tiongkok ke Indonesia maupun sebaliknya.

Namun, Kemenkes mengimbau agar masyarakat Indonesia yang ingin pergi ke Tiongkok untuk tetap mewaspadai virus misterius tersebut.

Sementara itu, terdeteksinya satu kasus virus corona di Singapura membuat petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Batam, Kepulauan Riau, memperketat pintu masuk ke Indonesia.

Petugas memasang thermal scanner atau alat pengukur suhu tubuh di pelabuhan internasional ataupun bandara.

Menurut keterangan Kantor Kesehatan Pelabuhan Batam, Kota Batam merupakan salah satu tempat tujuan wisatawan asing, terutama negara Tiongkok dan Singapura.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x