Kompas TV nasional sapa indonesia

Anak SMP Bunuh Diri, Psikolog: Anak yang Di-Bully Memiliki Rasa Tidak Diterima

Rabu, 22 Januari 2020 | 03:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Belum diketahui pasti apa penyebab seorang siswi SMP Negeri 147 Jakarta nekat melakukan aksi bunuh diri, lompat dari gedung sekolah.

Benarkah ada krisis empati? Bagaimanakah mencegah fenomena ini?

Tak kurang dari 6 jam, orangtua siswi yang meninggal atas dugaan bunuh diri di SMP Negeri 147 Jakarta menjalani pemeriksaan di Satkrimum Polres Jakarta Timur.

Melalui kuasa hukumnya, keluarga korban menuturkan jika puterinya mengalami perundungan dalam bentuk dikeluarkan dari grup WhatsApp sekolah.

Keluarga juga menyesalkan pihak sekolah tidak melaporkan kejadian kematian putrinya kepada polisi.

Merespons dugaan perundungan yang dialami korban di sekolah, Komisi Perlindungan Anak Indonesia atau KPAI melakukan rapat koordinasi bersama pihak sekolah SMP Negeri 147, Dinas Pendidikan, dan pihak kepolisian.

KPAI mengusulkan perlunya pelatihan bagi guru agar lebih peka dan berempati kepada siswa yang memiliki masalah.

Sejauh pengamatan KPAI, hampir semua sekolah tidak memiliki sistem pengaduan yang melindungi korban dan saksi perundungan.

Padahal sistem tersebut wajib dibentuk sekolah sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 82 tahun 2015 tentang pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di lingkungan satuan pendidikan.

Karena dalam peraturan tersebut, sekolah wajib memasang papan layanan pengaduan tindak kekerasan yang mudah diakses oleh siswa, orangtua, dan guru.

Editor : Christandi Super



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:51
JUMLAH KASUS KORONA DI RUSIA: 1.570.446 POSITIF, 1.179.465 SEMBUH, 27.111 MENINGGAL DUNIA   WAKIL PM RUSIA TATIANA GOLIKOVA SEBUT TEMPAT TIDUR RS PASIEN KORONA DI 16 WILAYAH DI RUSIA SUDAH MENCAPAI KAPASITAS 90%   PHRI MALANG: TINGKAT OKUPANSI HOTEL DI KABUPATEN MALANG HARI INI MENCAPAI 60-70%   ANGKASA PURA I: JUMLAH KEDATANGAN PENUMPANG DOMESTIK DI BANDARA NGURAH RAI BALI CAPAI 9.539 ORANG PADA 28 OKTOBER 2020   URAI KEPADATAN KENDARAAN, JASA MARGA PERPANJANG PENERAPAN "CONTRAFLOW" DI TOL JAKARTA-CIKAMPEK HINGGA KM 65   DINKES BOGOR MINTA 17 WISATAWAN YANG REAKTIF TES CEPAT KORONA UNTUK TIDAK MELANJUTKAN PERJALANAN KE PUNCAK   SEBANYAK 17 WISATAWAN REAKTIF DARI HASIL TES CEPAT KORONA MASSAL DI 3 LOKASI KAWASAN PUNCAK BOGOR   TMII KEDATANGAN 10.000 PENGUNJUNG DI HARI KEDUA LIBUR PANJANG   LURAH CAKUNG TIMUR, JAKARTA TIMUR, PASTIKAN LIBUR PANJANG TAK HENTIKAN PROSES NORMALISASI KALI RAWA RENGAS   PRESIDEN JOKOWI BAGIKAN 22.007 SERTIFIKAT TANAH DI KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN, SUMATERA UTARA   PEMERINTAH: ADA 2 PROVINSI DAN 5 KABUPATEN/KOTA YANG TERAPKAN PSBB   PEMERINTAH: ADA 34 PROVINSI DAN 502 KABUPATEN/KOTA YANG TERDAMPAK KORONA   PEMERINTAH: HINGGA 29 OKTOBER 2020, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 4.463.884 SPESIMEN   HINGGA 29 OKTOBER 2020, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 68.888 ORANG