HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Tipu Muslihat Kerajaan Fiktif, Ini Solusi Menghindarinya

Minggu, 19 Januari 2020 | 03:01 WIB

Munculnya Keraton Agung Sejagat, Sunda Empire, hingga Kesultanan Selacau bikin heboh masyarakat Indonesia akhir-akhir ini.

Pengikutnya pun tidak sedikit. Sejumlah faktor jadi pemicu orang mengikuti kelompok-kelompok tersebut, salah satunya kemampuan kelompok tersebut menciptakan narasi. 

Menteri Sosial, Juliari Batubara juga mengatakan masyarakat kerap kali gampa kena tipu dengan hal-hal yang menawarkan imbalan yang diraih dalam waktu cepat.

Untuk mengatasi hal ini, Pengamat Sosial UI Devi Rahmawati memberikan solusinya. Devi merangkumnya dengan 2 M.

Pertama, biasanya mempertanyakan sesuatu. Jika kita mendapati suatu narasi yang "too good to be true" seperti investasi yang memberikan imbalan besar dalam waktu cepat, kita wajib mempertanyakannya, "masa sih?", "Apa iya ya?".

Kedua, hentikan membandingkan diri kita dengan orang lain. Banyak orang jadi stres karena terlalu "kepo" dengan orang lain. Ketika orang lain gonta-ganti mobil, kita iri dan semacamnya. Nah, inilah yang bikin orang tergiur dengan keuntungan-keuntungan yang ditawarkan tersebut. 

Penulis : Christandi Super



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
16:10
SERANGAN UDARA PASUKAN SURIAH KE TURKI AKIBATKAN 33 ORANG TEWAS   ERICK THOHIR RESMI TUNJUK STAF AHLI KEMENTERIAN BUMN LOTO SRINAITA GINTING SEBAGAI KOMISARIS UTAMA BARU PEGADAIAN   MENDESA PDTT SEGERA MENGISI KEKOSONGAN RIBUAN TENAGA PENDAMPING DESA UNTUK MAKSIMALKAN PEMBANGUNAN PEDESAAN   MENKEU MINTA KEPALA DESA DI SUMSEL SELESAIKAN SYARAT PENYALURAN DANA DESA AGAR SEGERA TERSALURKAN & DAPAT DIGUNAKAN   BPBD SIDAREJA, CILACAP, JATENG: 2.861 KELUARGA DI ENAM DESA TERDAMPAK BANJIR   WALKOT BEKASI: SALURAN AIR TOL JAPEK YANG TERTUTUP PROYEK KERETA CEPAT INDONESIA CHINA (KCIC) JADI PENYEBAB BANJIR   IMBAS ARAB SAUDI BERHENTIKAN SEMENTARA UMRAH, MENAG: 2.393 WNI GAGAL UMRAH DAN 1.685 DIPULANGKAN   MENAG: JEMAAH GAGAL UMRAH KARENA KEBIJAKAN ARAB SAUDI BERHENTIKAN SEMENTARA DIJADWALKAN ULANG TANPA BIAYA TAMBAHAN   JELANG RAMADAN, BULOG SIAP AMANKAN PASOKAN BERAS LOKAL DI SELURUH WILAYAH INDONESIA   CEGAH BANJIR, PEMERINTAH KOTA BEKASI AKAN MENGEVALUASI IZIN PENDIRIAN APARTEMEN, MALL, HINGGA GUDANG   KORLANTAS POLRI: SIM INTERNASIONAL ASAL INDONESIA BERLAKU DI 188 NEGARA   POLISI: PENIMBUNAN DAN PRODUKSI MASKER ILEGAL DI CAKUNG MANFAATKAN ISU VIRUS KORONA, OMZET RP 250 JUTA PER HARI   POLISI GEREBEK GUDANG PENIMBUNAN DAN PRODUKSI MASKER ILEGAL DI CAKUNG, JAKARTA UTARA   KEMENTERIAN LUAR NEGERI: WNI DI KAPAL PESIAR DIAMOND PRINCESS RENCANANYA DIEVAKUASI MINGGU 1 MARET 2020