HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Presiden Jokowi Undang Seluruh Negara Berinvestasi di Kalimantan Timur

Rabu, 15 Januari 2020 | 12:11 WIB

Presiden Joko Widodo mengundang seluruh negara di dunia untuk menanamkan investasi di ibu kota negara baru di Kalimantan Timur. Tawaran ini disampaikan Presiden Jokowi ketika menjadi pembicara kunci di forum internasional bertajuk Abu Dhabi Sustainability Week, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Senin (13/1) lalu.

Jokowi menyatakan, investasi di ibu kota baru akan menarik karena Indonesia ingin kawasan pemerintahan itu dibangun dengan teknologi mutakhir, juga menjadi wadah dari perkembangan inovasi dan kreativitas, namun tetap ramah lingkungan bagi masyarakat.

Tawaran investasi di ibu kota baru itu langsung menarik minat sejumlah negara. Dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo, Pemerintah Uni Emirat Arab melalui Putra Mahkota Uni Emirat Arab, Pangeran Sheikh Mohammed bin Zayed, menyatakan telah menyiapkan dana yang cukup besar untuk berinvestasi di ibu kota baru. Bak gayung bersambut, Presiden Jokowi pun meminta Putra Sheikh Mohammed bin Zayed untuk menjadi dewan pengarah dalam pembangunan ibu kota negara baru.

Sebelum bertolak ke Abu Dhabi, presiden menerima kunjungan Presiden Softbank, Masayoshi Son, di Istana Kepresidenan, Jakarta yang menyatakan ketertarikannya berinvestasi untuk pengembangan Artifical Intelligence (AI) dan pengembangan Kota Pintar di ibu kota baru. Softbank disebut akan berinvestasi jangka panjang senilai 100 miliar dolar Amerika Serikat selama 25 tahun.

Pemindahan ibu kota ke lokasi yang baru menurut rencana dimulai paling lambat pada 2024. Konstruksi awal pembangunan diharapkan dapat dimulai pada akhir 2020, sehingga dalam kurun waktu kurang dari empat tahun, ibu kota yang baru sudah terbangun.

Penulis : Dea Davina



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
05:54
KOREA SELATAN LIBURKAN KEGIATAN SEKOLAH MULAI PEKAN DEPAN TERKAIT STATUS SIAGA SATU VIRUS KORONA   PRESIDEN KOREA SELATAN MENAIKKAN STATUS INFEKSI VIRUS KORONA KE LEVEL TERTINGGI    BPBD NTB SEBUT RATUSAN JIWA MENGUNGSI AKIBAT BANJIR BANDANG YANG MENERJANG KECEMATAN SAMBELIA, LOMBOK TIMUR   PLT JUBIR KPK: DARI EVALUASI ADA 366 SURAT PERINTAH PENYELIDIKAN YANG MENJADI TUNGGAKAN SEJAK 2008 HINGGA 2019   ANGGOTA KOMISI III DPR ARSUL SANI MENGAKU BELUM MENERIMA LAPORAN KPK SOAL PENGHENTIAN PENYIDIKAN 36 KASUS    PLN UNIT INDUK DISTRIBUSI JAKARTA RAYA : 247 GARDU LISTRIK TELAH KEMBALI DINYALAKAN PASCABANJIR   KBRI TOKYO SEBUT 78 WNI YANG BERADA DI DIAMOND PRINCESS SUDAH JALANI TES “POLYMERASE CHAIN REACTION (PCR)”    ANTISIPASI WABAH VIRUS KORONA, TURKI DAN PAKISTAN TUTUP PINTU PERBATASAN DENGAN IRAN   JADI NEGARA MAJU, AMERIKA SERIKAT MENCORET INDONESIA DARI DAFTAR NEGARA BERKEMBANG    PRESIDEN XI JINPING: VIRUS KORONA ADALAH DARURAT KESEHATAN TERBESAR DI TIONGKOK   BNN TANGKAP 6 ORANG DARI PENGGEREBEKAN PABRIK NARKOBA DI ARCAMANIK, BANDUNG, JAWA BARAT   BNN SEBUT ADA SEKITAR 2 JUTA PIL NARKOTIKA YANG DIPRODUKSI DARI PABRIK NARKOBA DI ARCAMANIK, BANDUNG    SELAIN MESIN PENCETAK, BNN JUGA TEMUKAN BAHAN BAKU DAN CAIRAN YANG DIDUGA UNTUK MEMPRODUKSI PIL NARKOTIKA   PENGGEREBEKAN PABRIK NARKOBA DI BANDUNG, JAWA BARAT, BNN TEMUKAN MESIN BERUKURAN BESAR UNTUK CETAK PIL NARKOTIKA