Kompas TV nasional sapa indonesia

Korupsi Tubuh Asuransi BUMN, Ancam Kepentingan Nasabah

Selasa, 14 Januari 2020 | 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dugaan korupsi di tubuh BUMN Asuransi, satu demi satu menjadi sorotan. 
 
Senin malam, penyidik Kejaksaan Agung selesai memeriksa tujuh orang saksi terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya yang menyebabkan kerugian senilai 13,7 triliun rupiah. 

Di antara yang diperiksa, yakni pejabat di bursa efek Indonesia, Kepala Divisi Investasi PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan, dan mantan direktur PT OSO Manajemen Investasi.

Selain proses hukum, skandal asuransi Jiwasraya juga bergulir di ranah politik. 

Dalam rapat paripurna pembukaan masa sidang kedua DPR RI hari Senin, terjadi hujan interupsi anggota dewan yang mendesak pembentukan panitia khusus atau pansus untuk mengawal pengusutan dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya.

Belum tuntas kasus Jiwasraya, kini muncul pula skandal lain di PT Asabri, BUMN Asuransi yang mewadahi anggota TNI, Polri dan PNS. 

Nilainya tak kalah fantastis, diduga merugikan keuangan negara dengan perkiraan mencapai 10 triliun rupiah.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD menyebut, modus dan sejumlah orang yang terlibat dalam dugaan Korupsi PT Asabri, kemungkinan sama dengan kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya.

Belum tuntas pengusutan kasus dugaan korupsi di Asuransi Jiwasraya kini muncul dugaan korupsi di PT Asabri
Mengapa perusahaan asuransi pelat merah atau berstatus BUMN sampai bermasalah dan mengancam kepentingan nasabah?

Lebih lengkap, simak dialog bersama anggota Komisi VI DPR yang membawahi BUMN Andre Rosiade, Koordinator Indonesia Corruption Watch, Adnan Topan Husodo dan Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri BUMN, Arya Sinulingga.

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

358 Anak Lakukan Trauma Healing

Senin, 28 September 2020 | 17:30 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:44
IDI MENILAI TES USAP MANDIRI PERLU DILAKUKAN UNTUK PERLUAS PELACAKAN COVID-19    MENKO BIDANG PEREKONOMIAN MENYATAKAN PEMERINTAH MENYIAPKAN RP 21,8 TRILIUN UNTUK PROSES VAKSINASI COVID-19    HINGGA 28 SEPTEMBER 2020, RS DARURAT WISMA ATLET RAWAT 4.636 PASIEN COVID-19   PRESIDEN JOKOWI SIAPKAN PERPRES VAKSIN COVID-19   KEPALA SATPOL PP JAKARTA PUSAT SEBUT PELANGGAN MASKER DI JAKPUS MENURUN PADA MINGGU KEDUA PSBB   PEMKOT DAN BAWASLU MATARAM, NTB, TANDA TANGANI MOU NETRALITAS ASN DALAM PILKADA   MENHUB BUDI KARYA SUMADI NILAI PT KAI BERKEMBANG IKUTI PERUBAHAN ZAMAN DENGAN PRINSIP "CUSTOMER ORIENTED"   PEMKOT BATAM BUKA FASILITAS ISOLASI MANDIRI VIP PASIEN COVID-19   KEMENKOP DAN UKM GULIRKAN PROGRAM MAGANG UNTUK CETAK WIRAUSAHA BARU   SATGAS COVID-19 GENCARKAN KAMPANYE PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT TAATI PROTOKOL KESEHATAN   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO USUL ACEH DAN BALI MASUK PROVINSI PRIORITAS PENANGANAN COVID-19   PEMERINTAH SIAPKAN TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN UNTUK ISOLASI PASIEN COVID-19 TANPA GEJALA   KPU KLAIM METODE KOTAK SUARA KELILING BISA JAMIN RAHASIA SUARA PEMILIH   KPU USUL METODE PEMUNGUTAN SUARA TAMBAHAN DI PILKADA BERUPA KOTAK SUARA KELILING