Kompas TV regional berita daerah

SD Ini Ditopang Bambu, Retak Dinding dan Rawan Ambruk

Kompas.tv - 13 Januari 2020, 13:25 WIB
Penulis : Christandi Super

Sebuah gedung sekolah dasar di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, kondisinya rusak dan rawan roboh. Namun sayangnya, gedung sekolah masih tetap dipergunakan untuk kegiatan belajar-mengajar.

Rasa waswas terus menghantui para siswa dan guru Kelas IV dan V SD Negeri 2 Cangkring di Kecamatan Talang, Tegal, Jawa Tengah. Mereka pantas cemas sebab ruang kelas yang mereka pakai sehari-hari rusak dan rawan ambruk. Dindingnya retak-retak cukup parah. Bahkan, dinding utama ruang kelas kondisinya miring akibat fondasinya terbawa pergeseran tanah. Karena tak memiliki anggaran renovasi, pihak sekolah terpaksa menopang beberapa dinding yang miring dan retak menggunakan bambu. Apalagi perbaikan dari dinas terkait masih menunggu anggaran turun.

Kerusakan gedung sekolah yang dibangun sejak tahun 1975 ini beberapa kali terjadi. Bahkan, di tahun 2003, ruang Kelas I pernah ambruk dan menewaskan seorang siswa. Bila tak ada percepatan perbaikan, maka dalam waktu dekat pihak sekolah akan mengosongkan ruang kelas yang rusak. Kegiatan belajar untuk sementara akan dialihkan ke kantor balai desa dan ruang perpustakaan sekolah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x