Kompas TV nasional sapa indonesia

Begini Cara Mendongeng yang Gak Bikin Bosan

Kompas.tv - 12 Januari 2020, 10:40 WIB
Penulis : Christandi Super

Wah, kalau lihat kedua karakter ini rasanya seperti nostalgia ke masa kecil, di mana membaca kisah dongeng di majalah Bobo masih jadi rutinitas wajib sebelum tidur. Namun, di era modern saat ini, mungkin sudah sedikit orang tua yang bercerita atau bahkan berdongeng untuk anak-anaknya. Sebagian justru lebih sering menyuguhkan video digital melalui gadget karena praktis dan mudah. Padahal, dengan mendongeng kita bisa membangun literasi dan imajinasi anak.

Nah, supaya mendongeng tidak membosankan, kita juga bisa berkreasi dengan membuat alat peraga, yang selain membuat cerita semakin menarik, alat peraga ini juga bisa sebagai media untuk membangun relasi dengan anak sambil membuatnya bersama. Bagaimana caranya?

Nyatanya orangtua tetap bisa membacakan dan mendongengkan anak pada pagi, siang, maupun sore hari. Orangtua juga bisa membaca dongeng di mana pun, baik itu di jalan saat berangkat atau pulang sekolah, di ruang keluarga, di taman, dan lain-lain. Yang terpenting, orangtua menyesuaikan dongeng yang akan dibacakan dengan waktunya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x