Kompas TV religi beranda islami

Masjid Ampel Surabaya

Kompas.tv - 12 Januari 2020, 07:30 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Sunan Ampel adalah salah seorang wali dari sembilan orang wali songo yang berjasa dalam menyebarkan ajaran agama Islam di Tanah Jawa.   Saat itu misi besar Sunan Ampel adalah mendidik moral para bangsawan, raja dan rakyat majapahit sekaligus memperkenalkan Allah subhana wa ta'ala dan ajarannya.

Masjid Sunan Ampel terletak di Ampel Denta, Surabaya Utara yang dahulunya adalah daerah  pinggiran kali Surabaya atau Kali Brantas yang berfungsi sebagai jalur lalu lintas ke kerajaan Majapahit. Struktur bangunan Masjid Sunan Ampel ini berbahan kayu jati yang didatangkan dari beberapa wilayah di Jawa Timur. terdapat 16 tiang penyangga bangunan yang panjangnya 17 meter dengan diameter 60 cm. Pemilihan panjang tiang 17 meter ternyata bukannya tanpa alasan, makna 17 adalah sejumlah tujuh belas rakaat sholat yang wajib di tunaikan setiap harinya. Di tiangnya terdapat ornamen kuno ketauhidan yang melambangkan keesaan Allah dari era jaman Majapahit. 48 Pintu Jati yang asli dan masih aktif digunakan setinggi 2 meter ini menghiasi area masjid seluas 4780m2. Bangunan lain yang menjadi ciri masjid sunan ampel ini adalah menaranya dengan tinggi 50 meter.

Di jaman Kemerdekaan masjid ini pernah di jadikan markas oleh Laskar Hisbullah guna melawan penjajah. Banyaknya penjaja barang dagangan di sekitar Masjid Sunan Ampel mengingatkan kita akan  pemandangan di sisi masjid Baitullah sehingga wilayah sekitar masjid ini dinamakan Kampung Arab 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x