Kompas TV nasional kompas petang

Melepas KRI Amankan Kedaulatan Natuna

Kompas.tv - 9 Januari 2020, 22:53 WIB
Penulis : Reny Mardika

Hari ini (Kamis, 09/01/2020) Menteri KKP Edhy Prabowo hadir di Pontianak untuk melakukan rilis terhadap tiga kapal Vietnam yang berhasil diamankan di laut Natuna 30 Desember 2019 lalu. Kapal-kapal yang berhasil diamankan ini bermuatan 98-25 grosston. Hingga saat ini, kapal-kapal ini masih berada di Stasiun PSD KPI Pontianak. Sebelumnya dalam proses penangkapan kapal asing ini, sempat terjadi ketegangan antara petugas dengan kapal milik KKP. Dari enam buah kapal yang teridentifikasi di radar, hanya tiga kapal saja yang berhasil diamankan. 

Pihak kementerian menyerahkan sepenuhnya kejadian ini kepada pihak pengadilan untuk menjatuhi hukuman. Sementara itu, patroli juga terus akan dilakukan diseluruh daerah perbatasan di Indonesia.

Sementara di laut Natuna sendiri sudah tak terlihat adanya kapal asing. Kapal-kapal asing sendiri sudah mulai menjauh dari Zona Ekonomi Eksklusif. Ada tiga kapal Indonesia yang diberangkatkan, diantaranya KRI Usman Harun, KRI Sutedi Senoputra dan KRI Teuku Umar. Kapal-kapal ini ditugaskan untuk menjaga kedaulatan Natuna dengan berpatroli di bagian Natuna Utara. 

Para nelayan Indonesia sendiri masih beraktifitas seperti biasa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x