Kompas TV video cerita indonesia

Penampakan Kapal Asing Tertangkap Kamera Patroli Udara TNI AU di Natuna

Kompas.tv - 4 Januari 2020, 16:56 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

Inilah penampakan dari sejumlah kapal asing yang tertangkap kamera pesawat patroli udara TNI AU yang tengah melintasi wilayah perairan Indonesia.

Pesawat Boeing TNI AU yang melakukan patroli ini merekam kapal-kapal asing tersebut. Kapal asing ini masuk ke Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia dan batas landas kontinen Indonesia.

Pesawat Patroli TNI AU ini merekam dan mencari koordinat kapal asing tersebut. Kamera patroli pun menemukan dan melacak kapal ini.

Sebelumnya, anggota TNI tengah bersiap di perairan Natuna untuk melakukan operasi siaga tempur. Operasi siaga tempur ini dilaksanakan oleh Koarmada 1 dan Koopsau 1.

Baca Juga: Detik-Detik TNI Bersiap Siaga Tempur Jaga Natuna dari China

TNI pun sudah menyiagakan sejumlah Alutsista. Alutsista yang sudah disiagakan adalah 3 Kapal Republik Indonesia (KRI), 1 pesawat intai maritim dan 1 pesawat Boeing TNI AU. Masih ada 2 KRI lagi yang menuju ke Natuna.

Operasi ini dilakukan karena adanya kapal China yang masuk dan melanggar Zona Ekonomi Ekslusif atau ZEE Indonesia di perairan Natuna.

Terkait dengan masalah ini, Sebelumnya pemerintah Indonesia melalui Kemenlu memanggil Duta Besar China di Jakarta dan menyampaikan protes kerasnya. Kemenlu menyebutkan, Dubes China mencatat protes yang dilayangkan untuk segera diteruskan ke Beijing.

Baca Juga: Natuna Diklaim China, Begini Sikap Menhan Prabowo Subianto

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x