Kompas TV nasional breaking news

Salut! Rupa-Rupa Tantangan Evakuasi Korban Banjir dari Terjang Arus Hingga Renang di Gang Sempit

Kompas.tv - 3 Januari 2020, 11:53 WIB
Penulis : Reny Mardika

Salah satu titik banjir di Jakarta adalah Perumahan Pondok Gede Permai, Jati Asih Bekasi, Jawa Barat. Disini, petugas harus menembus banjir dengan menggunakan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang masih bertahan di rumah.

Petugas terus mengimbau warga untuk mengungsi. Warga lansia, warga yang sakit, ibu hamil dan balita dibawa menggunakan perahu karet. Mereka dipindahkan ke tempat aman atau posko pengungsian terdekat di Pondok Gede Jatiasih.

Selain itu ada proses penyelamatan warga yang dilakukan Brimob Polda Banten. Evakuasi begitu menegangkan sebab dilakukan ditengah derasnya arus banjir.

Tim SAR Brimob Polda Banten akhirnya berhasil menyebrangkan seorang lansia dan ibu hamil ke tempat yang aman dari banjir. Salah satu titik banjir terparah melanda Desa Sukarame dan Desa Sukajaya di Banten.

Di Bogor, Jawa Barat, anggota kepolisian gabungan saat melakukan evakuasi seorang seorang lansia yang terjebak didalam rumah yang terkepung banjir di Desa Bojong Kulur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ketinggian air yang masih mencapai dua meter, membuat kepolisian gabungan menaiki atap dan menjebol untuk dapat menjangkau korban.

Evakuasi yang menggunakan perahu karet pun berlangsung dramatis. Menurut sang anak, ibunya dalam kondisi sakit stroke dan komplikasi.

Selain itu, ada evakuasi warga termasuk dua anak balita yang terjebak banjir di kedalaman tiga meter di Kelurahan Semanan, Kalideres Jakarta Barat, pukul 11.00 WIB.

Evakuasi korban banjir ini dilakukan oleh Prajurit Marinir di bawah pimpinan DPP Serda Marinir Didik Jhauhari dari Batalyon Komunikasi dan Peperangan Elektronika-1, Pasmar-1, Marinir Jakarta.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x