Kompas TV nasional sapa indonesia

Sinergi Pemerintah Kembangkan Pencak Silat Pasca Ditetapkan Jadi Warisan Budaya Dunia

Kompas.tv - 17 Desember 2019, 14:06 WIB
Penulis : Reny Mardika

Pencak silat ditetapkan sebagai warisan budaya dunia untuk kemanusiaan, dalam sidang UNESCO yang digelar di Bogota, Colombia. Pencak silat dinilai warisan leluhur yang terus berkembang, Hingga memiliki banyak perguruan di penjuru tanah air.


Penetapan pencak silat sebagai warisan budaya dunia menambah daftar yang asli berasal dari Indonesia. Pencak silat mengikuti wayang, batik, dan tari saman yang sudah lebih dulu diakui sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia.


Setelah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia, pihak-pihak terkait bertekad memperkuat sinergi dalam mengembangkan pencak silat agar makin mendunia.


Dengan status ini, Pemerintah bersama perguran silat di penjuru Indonesia akan bersinergi untuk mengembangkan pencak silat agar makin populer hingga mancanegara. Lalu, bagaimana pencak silat ini masuk jadi warisan budaya dunia dan seperti apa sinergi serta langkah untuk mengembangkan lagi pencak silat ini? Untuk membahasnya, sudah hadir di studio Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud Nadjamuddin Ramly,  dan ada Anwar Al Batawi, Ketua Umum Asosiasi Silat Tradisi Betawi.

#WarisanBudaya #PencakSilatIndonesia #UNESCO

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x