Kompas TV video cerita indonesia

Mengintip Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Ungaran

Kompas.tv - 16 Desember 2019, 18:28 WIB
Penulis : Desy Hartini

Curug Lawe atau dalam bahasa Indonesia yang berarti air terjun Lawe terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Air terjun ini berjarak 12 km atau 1 jam dari Kota Semarang.

Dari Kota Semarang, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi karena jalannya sudah beraspal dan banyak palang penanda. Sesampainya di perkebunan cengkeh, Anda harus memarkirkan motor anda di tempat yang sudah disediakan. Untuk sampai di air terjun, Anda harus berjalan kaki sekitar 45 menit atau 1,5 km.

Jika Anda memutuskan untuk pergi ke Curug Lawe, pastikan Anda dalam kondisi sehat dan jangan lupa membawa jas hujan karena sewaktu-waktu cuaca dapat berubah. Disarankan Anda datang pagi-pagi untuk mengantisipati agar tidak kemalaman di jalan.

Kondisi jalan setapak relatif datar setelah melewati perkebunan cengkeh. Jalan ini hanya dapat dilalui satu orang dan Anda harus tetap fokus karena jalan yang Anda lalui berdampingan dengan jurang yang sangat curam dan parit.

Setelah menempuh setengah perjalanan, Anda akan menemui sedikit tanjakan mulai dari yang kecil hingga yang tinggi. Pastikan alas kaki yang Anda gunakan aman karena memasuki musim hujan, jalanan bebatuan menjadi licin dan sehingga rawan tergelincir.

Pemandangan yang disuguhkan sepanjang perjalanan menuju Curug Lawe masih sangat asri. Air sungai yang mengalir jernih dan pepohonan yang masih sangat rimbun membuat Anda tidak akan bosan untuk memandang. Curug Lawe terlihat masih sangat bersih dan asri karena pengelolaan sampahnya yang sudah terorganisir dengan baik.

Curug Lawe memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan debit air yang deras. Bagi Anda yang ingin bermain air disarankan jangan di bawah air terjun persis karena berbahaya bagi keselamatan Anda. Jika Anda membutuhkan pertolongan pertama, jangan khawatir karena ada relawan yang siap membantu Anda.

#CurugLawe



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x