Kompas TV nasional berita kompas tv

Diserang Ular? Begini Mengatasinya!

Sabtu, 14 Desember 2019 | 12:51 WIB

Serangan ular kobra menimpa seorang pedagang di Pasar Kemiri Muka, Beji, Depok, Jawa Barat. Korban dipatuk di bagian kaki saat berdagang dan langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis. Pihak Damkar Kota Depok telah menerima sedikitnya 20 pengaduan penanganan berbagai jenis ular termasuk kobra. Ular kobra dalam jumlah puluhan ekor sebelumnya juga ditemukan di sekitar Kawasan Citayam di perbatasan Bogor dan Depok.

Tak hanya di wilayah pinggiran ibukota, belasan anak ular kobra juga ditemukan di Purwakarta, Jawa Barat. Anak ular kobra didapati berada dalam kardus di salah satu dapur rumah warga sebelum dipindahkan ke lokasi yang aman oleh petugas damkar setempat. Total ada 16 ekor anak kobra ditemukan di lokasi ini.

Tiap tahun, gigitan ular di seluruh dunia mencapai 4,5 juta kasus. Dari jumlah ini 2,7 juta orang yang menjadi korban gigitan mengalami luka serius sedangkan 125 ribu orang meninggal dunia.

Dibandingkan dengan Australia dan Malaysia boleh dibilang Indonesia merupakan rumah ular. Indonesia paling banyak memiliki jenis ular, termasuk jenis yang berbisa. Ada sekitar 360 jenis ular di Indonesia dan 76 jenis di antaranya jenis berbisa. Sementara Australia memiliki 200 jenis ular dan 40 jenis di antaranya berbisa. Jumlah jenis ular di Malaysia lebih sedikit sekitar 100 jenis dengan hanya ada 20 jenis yang berbisa.

Temuan ular kobra terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Apa sebaiknya yang dilakukan jika menemukan ular di sekitar lingkungan anda dan bagaimana penanganan medisnya jika sampai digigit ular berbisa?

Editor : edika ipelona



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:10
POLDA KEPULAUAN RIAU TAHAN DUA ORANG TERSANGKA PERDAGANGAN ORANG KAPAL TIONGKOK   WAGUB DKI RIZA PATRIA MINTA TIAP KELUARGA PUNYA KADER SATGAS COVID-19   KEMENTERIAN PUPR SIAP SALURKAN INSENTIF PRASARANA, SARANA, DAN UTILITAS RUMAH BERSUBSIDI   KEMENTERIAN PERDAGANGAN DORONG EKSPOR KOPI INDONESIA KE MEKSIKO   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA IMBAU WARGA TAK GELAR LOMBA PERINGATAN HUT KE-75 RI KARENA PANDEMI KORONA   KEPALA DISHUB DKI: PENIADAAN KAWASAN KHUSUS PESEPEDA KARENA BANYAK TERJADI PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN   DISHUB DKI TIADAKAN 32 KAWASAN KHUSUS PESEPEDA DI 5 WILAYAH DI JAKARTA MULAI MINGGU, 16 AGUSTUS 2020   PEMKOT DENPASAR AKAN TERAPKAN SANKSI DENDA DAN SOSIAL BAGI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   WAKETU DPRD DKI ABDURRAHMAN SUHAIMI DESAK PEMPROV CAIRKAN INSENTIF TUKANG GALI KUBUR JENAZAH COVID-19   MPR OPTIMISTIS PEMERINTAH MAMPU ATASI PANDEMI COVID-19 DAN KETERPURUKAN EKONOMI   WEBINAR RISET PRAKTIS: SEBUAH PENGANTAR UNTUK KEPUTUSAN STRATEGIS. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   PT KAI DAOP 2 BANDUNG OPERASIKAN KEMBALI 3 KERETA API JARAK JAUH KE ARAH JATENG DAN JATIM   PRESIDEN JOKOWI HARAP "OMNIBUS LAW" RUU PERPAJAKAN MAMPU PERCEPAT PEMULIHAN EKONOMI PASCA-PANDEMI COVID-19   PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN PEMERINTAH BERKOMITMEN PERKUAT PERLINDUNGAN SOSIAL DAN KETAHANAN PANGAN