HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Diserang Ular? Begini Mengatasinya!

Sabtu, 14 Desember 2019 | 12:51 WIB

Serangan ular kobra menimpa seorang pedagang di Pasar Kemiri Muka, Beji, Depok, Jawa Barat. Korban dipatuk di bagian kaki saat berdagang dan langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis. Pihak Damkar Kota Depok telah menerima sedikitnya 20 pengaduan penanganan berbagai jenis ular termasuk kobra. Ular kobra dalam jumlah puluhan ekor sebelumnya juga ditemukan di sekitar Kawasan Citayam di perbatasan Bogor dan Depok.

Tak hanya di wilayah pinggiran ibukota, belasan anak ular kobra juga ditemukan di Purwakarta, Jawa Barat. Anak ular kobra didapati berada dalam kardus di salah satu dapur rumah warga sebelum dipindahkan ke lokasi yang aman oleh petugas damkar setempat. Total ada 16 ekor anak kobra ditemukan di lokasi ini.

Tiap tahun, gigitan ular di seluruh dunia mencapai 4,5 juta kasus. Dari jumlah ini 2,7 juta orang yang menjadi korban gigitan mengalami luka serius sedangkan 125 ribu orang meninggal dunia.

Dibandingkan dengan Australia dan Malaysia boleh dibilang Indonesia merupakan rumah ular. Indonesia paling banyak memiliki jenis ular, termasuk jenis yang berbisa. Ada sekitar 360 jenis ular di Indonesia dan 76 jenis di antaranya jenis berbisa. Sementara Australia memiliki 200 jenis ular dan 40 jenis di antaranya berbisa. Jumlah jenis ular di Malaysia lebih sedikit sekitar 100 jenis dengan hanya ada 20 jenis yang berbisa.

Temuan ular kobra terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Apa sebaiknya yang dilakukan jika menemukan ular di sekitar lingkungan anda dan bagaimana penanganan medisnya jika sampai digigit ular berbisa?

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
17:38
BNNP DKI JAKARTA GAGALKAN PENYELUNDUPAN 1 KILOGRAM SABU DAN AMANKAN 4 TERSANGKA   MENTERI LUAR NEGERI RETNO MARSUDI: BELUM ADA WNI TERJANGKIT VIRUS KORONA   CEGAH VIRUS KORONA, ANGKASA PURA II PERKETAT PENGAWASAN DI BANDARA   POLISI KOORDINASI DENGAN KEDUTAAN BESAR AS USUT KASUS PENYELUNDUPAN BROWNIES GANJA   TUNJUK YENNY WAHID SEBAGAI KOMISARIS GARUDA INDONESIA, MENTERI BUMN PASTIKAN TAK ADA INDIKASI BAGI-BAGI JABATAN   TETAPKAN 5 HAKIM AGUNG, KOMISI III DPR PASTIKAN TIDAK ADA NAMA TITIPAN   PEMERIKSAAN PSIKOLOGIS, 2 TERSANGKA KASUS PENDIRIAN KERATON AGUNG SEJAGAT DINYATAKAN TIDAK MEMILIKI GANGGUAN JIWA   PRESIDEN JOKOWI MINTA MENHAN PRABOWO SUBIANTO BUAT RENCANA STRATEGIS UNTUK TINGKATKAN KESEJAHTERAAN PRAJURIT TNI   PRESIDEN JOKO WIDODO MINTA TNI BERANI KEMBANGKAN DRONE BERSENJATA   PRESIDEN JOKO WIDODO: TRANSPORTASI IBU KOTA BARU SERBA ELEKTRIK DAN OTOMATIS   KEMENKEU: ALOKASI PEMBIAYAAN PROYEK LEWAT SURAT BERHARGA SYARIAH NEGARA CAPAI RP 27,35 TRILIUN PADA 2020   PERUSAHAAN GAS NEGARA OPTIMISTIS BANGUN JARINGAN GAS 700.000 SAMBUNGAN RUMAH PADA TAHUN INI   KOMISI III DPR AKAN PANGGIL MENKUMHAM YASONNA LAOLY DALAM RAKER BERSAMA BAHAS SOAL HARUN MASIKU   PEMECATAN HELMY YAHYA DARI DIRUT TVRI, ANGGOTA KOMISI I DPR MUHAMMAD FARHAN: HARUS AUDIT INVESTIGASI