Kompas TV olahraga kompas sport

Ditargetkan 60 Emas, Kontingen Indonesia Raih 72 Emas

Kompas.tv - 13 Desember 2019, 08:24 WIB
Penulis : Edika ipelona

Kurang dari 24 jam usai upacara penutupan SEA Games 2019, pemerintah merealisasikan janji untuk mencairkan bonus bagi atlet Indonesia peraih medali SEA Games ke 30, Kamis (12/12) malam di Jakarta. Bonus diberikan melalui Kemenpora atas instruksi presiden.

Ada peningkatan lebih dari dua kali lipat pada nominal bonus yang diberikan. Semula medali emas akan diganjar 200 juta Rupiah namun meningkat menjadi 500 juta Rupiah. Begitu juga perak dan perunggu, masing masing menjadi 300 dan seratus juta Rupiah.

Menurut Menpora, Zainudin Amali, peningkatan nominal bonus dikarenakan kontingen merah putih mampu menembus target emas yang dicanangkan pemerintah. Sebelumnya pemerintah menargetkan 60 hingga 65 medali emas. Namun, Indonesia sukses mengemas 72 emas.

Dengan total 267 medali, Indonesia berada di urutan keempat klasemen akhir perolehan medali di bawah Filipina, Vietnam, dan Thailand. Presiden Joko Widodo menargetkan Indonesia agar berada dalam posisi 2 besar SEA Games 2019. Meskipun berada di posisi keempat, presiden mengaku bangga dengan prestasi kontingen Indonesia yang mampu membawa pulang 72 medali emas. Jumlah yang melebihi target presiden.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x