Kompas TV nasional sapa indonesia

Tips Mengelola Keuangan untuk Liburan Akhir Tahun

Kompas.tv - 26 November 2019, 12:10 WIB
Penulis : Reny Mardika | Editor : Idham Saputra

Berikut tips mengelola keuangan untuk libur akhir tahun. Perlukah kita berlibur? Tentu saja. Hal ini sebagai bentuk reward atas kerja keras, melakukan pengembangan diri, dan mencari pengalaman baru.

Nah, liburan akhir tahun tinggal sebentar lagi, perlukah kita merencanakan keuangan khusus untuk merencanakan liburan?

Pertama-tama, kita bahas dulu mengenai manfaat liburan. Ahli Keuangan Halofina Muhammad B Teguh menjabarkan beberapa manfaat liburan:

  1. Pikiran jadi lebih fresh
  2. Mendapatkan hal baru
  3. Memperluas wawasan
  4. Lebih mengenal diri sendiri
  5. Meningkatkan produktivitas
  6. Panjang umur

Lebih lanjut lagi, Muhammad B Teguh memberikan beberapatips agar liburan Anda bermanfaat dan sesuai dengan tujuan. Pertama, Anda harus membuat anggaran transportasi, akomodasi, tiket wahana-wahana yang akan dikunjungi, dan bahkan untuk anggaran kesehatan. Tak boleh ketinggalan juga, dana darurat selama liburan. Selain itu, buat anggaran lain-lain atau cadangan anggaran sebesar 10%.

Lalu, merencanakan keuangan untuk liburan harus dipikirkan dari jauh-jauh hari. Anggaran untuk liburan kita sekarang harus direncanakan satu atau dua tahun sebelumnya. Tapi kalau pun kita terpaksa harus liburan dengan menggunakan tabungan, maka untuk liburan yang kita rencanakan tahun depan harus mulai direncanakan hari ini. Jangan sampai sehabis liburan kita menghabiskan tabungan dan kekurangan tabungan itu malah membuat kita kesulitan setelah berlibur.

Perlu diingat juga, Anda masih punya pengeluaran-pengeluaran harian setelah liburan usai. Ketika liburan akhir tahun selesai, masih ada biaya sekolah untuk awal tahun, bayar listrik, dan lainnya. Sehingga, budget liburan harus terpisah dari budget untuk kehidupan sehari-hari.

Jadi, jangan pernah habiskan tabungan Anda hanya untuk liburan akhir tahun ini!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x