Kompas TV nasional sapa indonesia

Tips Mengelola Keuangan untuk Liburan Akhir Tahun

Selasa, 26 November 2019 | 12:10 WIB

Berikut tips mengelola keuangan untuk libur akhir tahun. Perlukah kita berlibur? Tentu saja. Hal ini sebagai bentuk reward atas kerja keras, melakukan pengembangan diri, dan mencari pengalaman baru.

Nah, liburan akhir tahun tinggal sebentar lagi, perlukah kita merencanakan keuangan khusus untuk merencanakan liburan?

Pertama-tama, kita bahas dulu mengenai manfaat liburan. Ahli Keuangan Halofina Muhammad B Teguh menjabarkan beberapa manfaat liburan:

  1. Pikiran jadi lebih fresh
  2. Mendapatkan hal baru
  3. Memperluas wawasan
  4. Lebih mengenal diri sendiri
  5. Meningkatkan produktivitas
  6. Panjang umur

Lebih lanjut lagi, Muhammad B Teguh memberikan beberapatips agar liburan Anda bermanfaat dan sesuai dengan tujuan. Pertama, Anda harus membuat anggaran transportasi, akomodasi, tiket wahana-wahana yang akan dikunjungi, dan bahkan untuk anggaran kesehatan. Tak boleh ketinggalan juga, dana darurat selama liburan. Selain itu, buat anggaran lain-lain atau cadangan anggaran sebesar 10%.

Lalu, merencanakan keuangan untuk liburan harus dipikirkan dari jauh-jauh hari. Anggaran untuk liburan kita sekarang harus direncanakan satu atau dua tahun sebelumnya. Tapi kalau pun kita terpaksa harus liburan dengan menggunakan tabungan, maka untuk liburan yang kita rencanakan tahun depan harus mulai direncanakan hari ini. Jangan sampai sehabis liburan kita menghabiskan tabungan dan kekurangan tabungan itu malah membuat kita kesulitan setelah berlibur.

Perlu diingat juga, Anda masih punya pengeluaran-pengeluaran harian setelah liburan usai. Ketika liburan akhir tahun selesai, masih ada biaya sekolah untuk awal tahun, bayar listrik, dan lainnya. Sehingga, budget liburan harus terpisah dari budget untuk kehidupan sehari-hari.

Jadi, jangan pernah habiskan tabungan Anda hanya untuk liburan akhir tahun ini!

Penulis : Idham Saputra | Editor : Reny Mardika




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:22
PEMKOT SURAKARTA RENOVASI BERTAHAP LAPANGAN PENDUKUNG UNTUK LATIHAN TIM PESERTA PIALA DUNIA U-20 PADA 2021   BEA CUKAI KANWIL BANTEN SITA 3,32 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL   GUGUS TUGAS COVID-19 SURABAYA: MASKER SCUBA TAK EFEKTIF MENANGKAL PENYEBARAN COVID-19   PEMKOT SURABAYA IMBAU WARGA TAK PAKAI MASKER SCUBA   GUBERNUR JAWA TIMUR SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG   ANTISIPASI LONJAKAN KASUS KORONA, MENKES MINTA PEMDA SIAPKAN PENDIRIAN RUMAH SAKIT LAPANGAN   KETUM PARTAI GERINDRA PRABOWO SUBIANTO TUNJUK SUFMI DASCO AHMAD SEBAGAI KETUA HARIAN DPP PERIODE 2020-2025   MENHUB SEBUT SUBSIDI TRANSPORTASI BERBASIS BUS DENGAN SKEMA "BUY THE SERVICE" AKAN BERSIFAT "MULTIYEARS"   MENHUB AJAK SWASTA BERINVESTASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR   PEMPROV SUMSEL: JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA MERUPAKAN INFRASTRUKTUR PENGHUBUNG PROVINSI SUMSEL DAN BABEL   PEMPROV SUMATERA SELATAN DAN BANGKA BELITUNG SEPAKATI LOKASI JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA   KPU KALIMANTAN SELATAN INGATKAN PASLON PERKUAT KAMPANYE DARING   KPU MAMUJU, SULAWESI BARAT, MINTA MASYARAKAT PEMILIH TIDAK JUAL SUARA PADA PILKADA 2020   DORONG PENGEMBANGAN SAPI UNGGUL, MENTAN BERENCANA PERBANYAK BALAI EMBRIO